KOTA CIREBON

Lapangan Kebon Pelok Jadi Tempat Alternatif Ngabuburit Bagi Warga Kalijaga

Ragam  JUM'AT, 31 MEI 2019 , 03:02:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

Lapangan Kebon Pelok Jadi Tempat Alternatif Ngabuburit Bagi Warga Kalijaga

Kebon Pelok Kota Cirebon/RMOLJabar

RMOLJabar. Lapangan Kebon Pelok menjadi tempat alternatif bagi masyarakat Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon untuk mengisi waktu ngabuburit. Ratusan warga memanjakan anak-anaknya dengan beberapa hiburan yang ada.

Di sekitar lapangan, terdapat para pedagang menyuguhkan makanan dan minuman siap saji bagi orang berpuasa. Tak hanya itu, khusus di bulan Ramadhan, kondisi Lapangan Kebon Pelok Kalijaga ini bertambah padat pengunjungnya lantaran diisi dengan sejumlah hiburan anak.

Ada beberapa permainan anak yang bisa dinikmati, seperti mobil-mobilan, taman bermain berbahan balon hingga pertunjukkan Burok. Para pemburu rezeki mendapatkan banyak manfaat dari keberkahan bulan Ramadhan, seperti yang dialami pemilik hiburan Burok, Jumadi (37) warga asal Sitopeng Kelurahan Kalijaga, penduduk setempat.

Pria kelahiran 1982 dari RT 009 RW 006 Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon ini mengaku, mendapatkan penghasilan yang cukup lumayan dari suguhan hiburan Burok. Jenis hiburan Burok, Ia namai dengan 'Bintang Remaja'.

"Rata-rata 300 ribu, kadang 200 ribu. Buka setiap hari sejak bulan ramadhan," kata Jumadi saat ditemui di lokasi, Kamis (30/5) sore.

Ia mengemukakan, usaha dengan cara menghibur ini sudah dijalani sejak 2 tahun belakangan setiap Ramadhan.

"Buka mulai jam 15.30 hingga 17.30 WIB," terangnya.

Jasa hiburan yang dijalankan ini, menurut Jumadi, melibatkan banyak karyawan atau SDM. Jika pertunjukan di Bulan Ramadhan dengan menggelar di Lapangan Kebon Pelok, mencapai 15 an orang. Namun, Jumadi mengatakan, selain di Bulan Ramadhan, pertunjukkan Burok bisa juga disewa dalam event lain, seperti hajatan dan perayaan ultah anak-anak.

"Harapannya supaya ada yang naksir, supaya yang hajatan bisa pakai hiburan burok ini atau juga anak ulang tahun. Untuk hajatan dikenakan biaya 1 juta," ujarnya.

Sementara itu, seorang pengunjung yang tengah menjajakan anaknya dengan hiburan burok merasa senang. Adalah Fitri Yulia (34), warga perumahan Graha Kiandra Kalijaga, menjadikan Burok menjadi hiburan alternative saat ngabuburit bersama keluarga di sore hari.

"Datang memang sengaja dan rutin tiap hari kesini. Senang aja mas, menghibur gitu. Harganya murah, lumayan, terjangkau," kata Fitri, yang baru tinggal di Kota Cirebon sejak 5 tahun lalu. [yud]




Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00