Peak Season Lebaran, Pos Indonesia Terus Berikan Layanan Prima

Pos Indonesia  JUM'AT, 31 MEI 2019 , 13:12:00 WIB | LAPORAN: YUDHA SATRIA

Peak Season Lebaran, Pos Indonesia Terus Berikan Layanan Prima

Graha Pos Indonesia/Repro

RMOLJabar. Menjadi hal biasa di setiap Ramadhan dan Idul Fitri masyarakat meramaikannya dengan mengirimkan hadiah, uang dan kartu ucapan selamat lebaran bagi keluarga dan kerabat lainnya.

Pada momen Ramadhan ini, Pos Indonesia turut kebanjiran menangani kiriman-kiriman tersebut. Peningkatan terjadi sejak awal Ramadhan dan hingga kini volumenya masih terus bertambah di Kantor Pos seluruh Indonesia.

VP Pengembangan Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero), Djoko Suhartanto mengatakan bahwa peningkatan produksi di bulan Ramadhan menuju lebaran ini sangat signifikan pertumbuhannya. Hal itu terlihat dari trend yang meningkat setiap bulannya.

"Dari segi produksi peningkatannya cukup signifikan. Berdasarkan trend Lebaran Tahun 2018 dibandingkan bulan Mei tahun 2019, produksi mengalami pertumbuhan sebesar 66,30%. Sedangkan berdasarkan Trend Produksi bulan Maret, April dan Mei 2019, terdapat pertumbuhan Produksi Kiriman Ritel sebesar 22,40%," ujarnya, dalam rilis yang diterima Kantor Berita Politik RMOL.

Sementara itu, terdapat peningkatan berat kiriman sebanyak 2.713 Kg dari bulan lalu yang seberat 10.581 kg. Kontribusi daerah terhadap peningkatan kiriman Pos berdasarkan rangking terbesar berasal dari Regional 5 Jawa Barat dan Banten, Regional 7 Jawa Timur dan Regional 6 Jawa Tengah.

Kenaikan jumlah produksi ini tidak lepas dari meningkatnya volume kiriman e-commerce akibat banyaknya pesanan/transaksi. Di Regional 5 Jawa Barat, Kantorpos Depok, Bandung, dan Sawamgan merupakan kantor pos yang melayani transaksi e-commerce terbanyak.

Layanan Pos Indonesia yang digunakan masyarakat meliputi hampir semua jenis layanan,  baik untuk pengiriman barang maupun jasa keuangan. Mendekati lebaran diprediksikan jumlah pengiriman akan terus mengalami peningkatan terutama pengiriman paket dan wesel, baik wesel dalam negeri maupun luar negeri.

Melihat kecenderungan masyarakat untuk bertransaksi yang terus meningkat maka untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat pengguna jasa Pos Indonesia, manajemen mengeluarkan kebijakan untuk tetap membuka layanan di Kantor Pos hingga H-1 menjelang lebaran.

Demikian pula dengan menambah titik-titik kolekting yang dapat membantu mempermudah masyarakat dalam melakukan pengiriman melalui Pos, misalnya layanan oleh tim Orangers,  agenpos, transaksi lewat android seperti PosGiro Mobile.

Pos Indonesia berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dengan meningkatkan kualitas operasional dan terus mengawal pengantaran kiriman agar sesuai standar waktu pada setiap layanan. Seiiring dengan terus meningkatnya volume kiriman di setiap Kantor Pos, manajemen  mengucapkan terimakasih atas kepercayaan masyarakat yang telah menggunakan jasa Pos Indonesia.

Pos Indonesia bertekad untuk senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat walaupun pada saat peak season. Melalui jaringan lebih dari 4.800 kantor pos (sebanyak 73% di antaranya berada di daerah termasuk rural/remote area), infrastruktur dan sumber daya manusia yang tersebar.

Djoko berharap Pos Indonesia tetap menjadi pilihan utama  pemudik untuk mengirimkan barang-barangnya. Djoko juga mengimbau para pemudik mengirimkan paket dan kiriman lainnya melalui Pos.

"Kami berharap agar mudik Anda bebas repot dan silaturahmi menjadi semakin berarti," pungkasnya. [yud]


Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Hadiri Peringatan HANI 2019

Hadiri Peringatan HANI 2019

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 04:46:00

Jokowi Dan Trump Berbincang

Jokowi Dan Trump Berbincang

SABTU, 29 JUNI 2019 , 14:47:00

Jaga Kebersihan Pantai

Jaga Kebersihan Pantai

SABTU, 22 JUNI 2019 , 16:42:00