Yana: Datang ke Bandung Harus Punya Kualifikasi, Jangan Jadi Beban

Pemerintahan  JUM'AT, 31 MEI 2019 , 14:28:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Yana: Datang ke Bandung Harus Punya Kualifikasi, Jangan Jadi Beban

Yana Mulyana/RMOLJabar

RMOLJabar. Satu diantara yang menjadi masalah bagi kota metropolitan pasca mudik lebaran yaitu urbanisasi. Tidak terkecuali Kota Bandung, pemudik yang pulang kampung, ketika kembali seringkali membawa sanak-saudara untuk mengadu nasib di Kota Bandung.

Demikian disampaikan, Wakil Wali Kota Yana Mulyana usai menghadiri acara Mudik Gratis bersama BUMN 2019 Klaster NDHI di PT. Dirgantara Indonesia, Jalan Padjadjaran, Kota Bandung, Jum'at (31/5).

Menurutnya, pemerintah Kota Bandung telah memberikan himbauan kepada pemudik, untuk tidak membawa sanak-saudara ketika kembali ke Bandung.

"Kota Bandung sebagai kota metropolitan ya konsekuensinya kota terbuka kita tidak bisa menutup urbanisasi, susah juga, kita hanya bisa mengimbau aja, itu kan menghalangi hak orang juga," ucapnya.

Yana mengungkapkan, kepada pemudik yang ingin membawa sanak-saudara ketika kembali ke Bandung, seyogyanya dibekali dengan kualifikasi atau keahlian. Hal tersebut dikarenakan persaingan dalam dunia kerja di Kota Bandung yang kompetitif.

"Kalaupun yang nanti kesini ya yang punya kualifikasi lah, punten (maaf) takutnya nanti jadi beban yang bawa juga yah," tuturnya.

Disinggung jaminan kerja bagi pendatang, Yana menegaskan, pihaknya tidak dapat memberikan jaminan pekerjaan bagi pendatang di Kota Bandung.

"Sulit dong jaminan kerja mah yah, makannya harus punya kualifikasi," pungkasnya. [gan]


Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Celoteh Jokowi Tidak Ada Kebakaran Hutan Faktanya Nol Besar