13 Pelaku Kriminal Jalanan Dicokok Polres Sukabumi Kota

Hukum  SENIN, 03 JUNI 2019 , 21:57:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIQ SUPRIADI

13 Pelaku Kriminal Jalanan Dicokok Polres Sukabumi Kota

RMOLJabar

RMOLJabar. Jajaran Polres Sukabumi Kota tangkap 13 pelaku kriminal jalanan selama Ramadhan. Mereka diamankan dari dua kasus yang berbeda.

"Satu terkait pengrusakan angkot, satu lagi pengrusakan kafe oleh berandalan. Mereka terang-terangan menunjukan perilaku agresif di area publik," ujar Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro, Senin (3/6).

Sebanyak delapan pelaku merusak mobil angkot di Jalan RA Kosasih, Kota Sukabumi. Lima pelaku lainnya merusak kafe yang berlokasi di Kecamatan Cibeureum.

"Akibat tindakannya, angkot hingga kafe mengalami rusak cukup parah," ucapnya.

Bahkan akibat perbuatan mereka terdapat sejumlah korban. Baik korban luka ringan dan berat. "Mereka merusak dengan batu hingga senjata tajam. Baik terhadap pengemudi angkot ataupun pengunjung kafe," ungkapnya.

Pemicu kriminal jalanan tersebut ialah soal eksistensi dan aktualisasi secara salah. Mereka ingin dinilai kelompoknya lebih hebat. "Aksi itu dilakukan ketika sahur dan menjelang buka puasa," terangnya.

Para pelaku tersebut terjerat pasal berlapis. Mulai dari pasal 170 KUHPidana dengan ancaman 7 tahun,pasal 351 KUHPidana dengan ancaman 5 tahun, dan pasal 406 KUHPidana dengan ancaman 2 tahun 8 bulan. Pelaku juga terdapat beberapa yang di bawah. "Ada beberapa pelaku di bawah umur. Untuk yang di bawah umur, kami lakukan tindakan sesuai aturan," paparnya.

Berkaca dari hal tersebut, dirinya menekankan agar masyarakat menghentikan kekerasan di area publik. Termasuk menghentikan gangguan dan keamanan di Kota Sukabumi. "Ramadhan ini harus berjalan kondusif dan aman," pungkasnya. [jar]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00