Polres Ciko Perkuat Pengamanan Paska Ledakan Sukoharjo

Hukum  RABU, 05 JUNI 2019 , 14:15:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

Polres Ciko Perkuat Pengamanan Paska Ledakan Sukoharjo

Kapolres Ciko, AKBP Roland Ronaldy/RMOLJabar

RMOLJabar. Polres Cirebon Kota (Ciko) memperkuat pengamanan di wilayahnya pasca ledakan bom bunuh diri di Sukoharjo, Jawa Tengah. Pengamanan ini sebagai langkah antisipatif akan adanya tindakan serupa di wilayah hukum Cirebon Kota.

Kapolres Ciko, AKBP Roland Ronaldy mengatakan, penguatan pengamanan dan ketertiban, menggunakan sistem kolaborasi dari berbagai unsur, atau disebut dengan istilah Body Sistem. Tak hanya kepolisian, pengamanan melibatkan pula unsur TNI, Pemkot yang diantaranya Dinas Damkar, juga masyarakat dan tokoh agama.

"Untuk pengamanan pun kami menerapkan sistem, Body Sistem. Itu sesuai arahan Pak Kapolri dan Pak Kapolda. Jadi masing-masing melakukan pengamanan tidak sendirian," kata Kapolres Ciko di sela Halal Bi Halal di Rumah Dinas (Rumdin) jalan Wahidin Kota Cirebon, Rabu (5/6).

"Untuk pengamanan di dalam kota ya, kita fokuskan di dalam kota, kita fokuskan ke tempat-tempat keramaian, ke mall-mall, kemudian tempat-tempat hiburan, di situ kami plotting personil dengan di back up dari rekan-rekan TNI untuk bisa mengamankan masyarakat yang ingin berlibur, khususnya di hari ini sampai besok," tambahnya.

Tempat-tempat keramaian seperti mall, tempat hiburan dan sebagainya menjadi prioritas utama penjagaan aparat keamanan pasca ledakan Sukoharjo. Hal itu, kata Roland, karena di hari pertama dan kedua perayaan Idul Fitri, antusiasme masyarakat untuk datang ke tempat keramaian masih tinggi dan tentunya butuh keamanan yang lebih.

"Insya Allah, kita maksimalkan berupaya, bekerja dengan sungguh-sungguh untuk menciptakan keamanan untuk masyarakat Cirebon," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, AKBP Roland Ronaldy pun mengingatkan tentang makna Halal Bi Halal. Menurutnya, kegiatan Halal Bi Halal merupakan ajang bershillaturahmi, baik antar sesama personil Polri yang belakangan telah bekerja keras menjalankan tugas di Operasi Ketupat Lodaya, maupun dengan institusi lain serta masyarakat luas.

"Kami undang para anggota yang memang ada di Pospam-Pospam untuk bersama-sama kita makan, merayakan hari kemenangan ini. Sekaligus juga mengundang masyarakat. Kebetulan ada beberapa komunitas-komunitas agama yang datang ke rumah kami dan kami mengucapkan terimakasih kepada beliau-beliau," ucap Kapolres.

"Tadi juga ada beberapa rekan-rekan dari Danlanal, Dandim, Danyon dan masyarakat sekitar yang memang ingin berkunjung ke rumah dinas," imbuhnya.

Dia mengelak jika kegiatan Halal Bi Halal dikaitkan dengan agenda khusus pasca Pilpres. Kapolres menegaskan, bahwa Halal Bi Halal sebagai bagian untuk mempererat kembali jalinan tali shillaturahmi antara Aparat Keamanan dengan Masyarakat.

"Ini Halal Bi Halal setelah berpuasa 1 bulan penuh di bulan suci ramadan dan hari ini hari kemenangan, ya kita bershillaturahmi, Halal Bi Halal, merayakan kemenangan ini secara bersama-sama," tandasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 14:31:46

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad