Piknik Lebaran Ke Purwakarta

Ragam  JUM'AT, 07 JUNI 2019 , 14:27:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Piknik Lebaran Ke Purwakarta

RMOLJabar

RMOL. Pada masa libur lebaran, sebagian besar masyarakat biasanya mengisi kegiatan dengan berwisata bersama keluarga. Nah, bagi yang hendak menghabiskan waktu liburan lebarannya, mungkin tak ada salahnya nyimpang ke Kabupaten Purwakarta.

Karena, di kabupaten kecil kedua di Jabar ini banyak lokasi-lokasi eksotis yang bisa dikunjungi untuk berwisata. Mau itu yang lokasinya di sekitar pusat kota, maupun di peloksok desa. Berikut ini beberapa lokasi indah yang terdapat di kabupaten tersebut. Pengunjung di jamin tidak akan nyesel jika datang ke tempat ini.

Berikut sejumlah destinasi wisata di wilayah Kabupaten Purwakarta yang berhasil dirangkum Kantor Berita RMOL Jabar, diantaranya:

1. Cikao Park
Tempat wisata keluarga yang baru dibuka dua tahun terakhir itu terletak di Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta. Rata-rata pengunjung yang datang ke tempat itu mencapai 4000 orang.

Tempat wisata ini banyak menyajikan pengalaman berwisata. Tidak hanya satu, Cikao Park menyajikan setidaknya lebih dari lima area untuk menghabiskan waktu berlibur. Ada water park yang masih menjadi favorit wisatawan saat berkunjung kesini, lalu ada taman satwa, lampion garden.

Selain itu, sebelum masuk ke area bermain air, Cikao Park pun menyajikan sejumlah area bermain anak seperti carousel mini dan area motor ATV. Adanya saung atau gazebo di sekitar danau buatan yang bisa digunakan untuk bersantai keluarga. Di area water park pun, Cikao Park memanjakan wisatawan dengan sejumlah tema kolam renang

2. Situ Wanayasa
Situ Wanayasa, terletak 24 km sebelah Tenggara perkotaan Purwakarta. Kawasan tersebut, merupakan lokasi konservasi serta kawasan hijau. Yang menarik di lokasi ini, yakni keberadaan sebuah pulau kecil atau biasa disebut oleh masyarakat sekitar dengan nama Pasir Santri.

Keberadaan pulau yang letaknya persis di tengah-tengah telaga itu, mempunyai daya tarik tersendiri karena keasriannya. Situ Wanayasa sendiri, terletak di kaki Gunung Burangrang, dengan luas sekitar 7 hektare yang berada pada ketinggian 600 mdpl. Sehingga, udara di sekitar situ ini sangatlah sejuk dengan semilir angin pegunungan.

Selain menyuguhkan panorama alam nan eksotis, di lokasi ini pengunjung pun bisa sekaligus menikmati kuliner khas daerah tersebut. Yakni, Sate Maranggi. Di kawasan tersebut, banyak warung yang menjajakan kuliner khas ini.

3. Curug Tilu
Lokasi wisata yang satu ini, berada paling ujung Barat Waduk Jatiluhur. Pelancong yang datang ke wilayah ini dijamin gak bakal 'nyesel'. Mengingat, lokasi wisata ini memiliki panorama alam yang cukup eksotis.

Tak heran, sampai saat ini wilayah tersebut kerap dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar daerah. Lokasi wisata ini sendiri, resmi dibuka pada Maret 2017 lalu. Untuk menuju ke lokasi tersebut, tak sesulit yang dibayangkan.

Karena, Air terjun yang kini mendapat julukan Grand Canyon-nya Purwakarta ini dapat diakses sekitar 30 menit dari pusat kota.

4. Waduk Jatiluhur
Sebagian besar masyarakat, terutama di Jawa Barat mungkin sudah tak asing lagi dengan Waduk Jatiluhur. Ya, waduk buatan yang bisa dikatakan serba guna ini ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagi yang 'doyan' berwisata.

Karena, selain berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan kebutuhan air irigasi, lokasi ini pun menjadi objek wisata favorit. Salah satu yang membedakan waduk ini dengan lokasi wisata lain, mungkin keindahan alamnya yangmasih cukup asri.

Air danau yang berkilau akibat pantulan sinar matahari, menjadikan lokasi ini memiliki daya tarik tersendiri. Keindahannya pun bertambah, seiring banyaknya pepohonan hijau yang menghiasi bibir waduk tersebut.

Wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata ini pun tak hanya akan disuguhi pemadangan nan eksotis. Mereka, juga bisa merasakan adrenalinnya yang terpacu ketika menaiki perahu tradisional maupun spedd boat yang bisa disewa untuk kepentingan rekreasi.

Tak hanya itu, di lokasi ini pun tersedia wahana rekreasi air yang cukup menyenangkan untuk keluarga. Yakni, Jatiluhur Water World (JWW). Wahana air ini, lokasinya berada di kawasan wisata Grama Tirta Waduk Jatiluhur, yang letaknya persis beberapa meter dari bibir waduk.

Setelah lelah berwisata ria, perut pasti terasa keroncongan. Untuk memanjakan perut, pengunjung pun bisa menikmati salah satu kuliner khas Jatiluhur. Yakni, ikan patin bakar bambu.

5. Taman Batu dan Mata Air Cijanun

Taman Batu yang terletak di Desa Cipeudeuy Kecamatan Bojong, Purwakarta itu, beroperasi sejak tiga tahun lalu. Objek wisata ini menawarkan mata air pegunungan berupa kolam renang yang dipadukan dengan keindahan alam yang masih alami. Pengunjung dapat berenang sambil menikmati pemandangan sangat memanjakan mata di sekitaran kolam.

Selain Lima lokasi tersebut, masih ada banyak lokasi lain yang tak kalah indah. Misalnya, Gunung Parang di Kecamatan Sukatani dan wisata alam Kampung Tajur di Kecamatan Bojong.

Yang disebutkan tadi, mungkin hanya beberapa lokasi wisata saja. Mengingat, di Kabupaten Purwakarta banyak terdapat lokasi-lokasi eksotis lainnya. Data dari dinas terkait, lokasi wisata di wilayah ini ada sekitar 62 titik yang tersebar di 17 kecamatan.

Bagi yang penasaran ingin mencari lokasi-lokasi indah lain di wilayah ini, bisa unduh saja aplikasi 'Sampurasun Pariwisata' di smart phone. Dengan aplikasi berbasis android ini, wisatawan bisa mengakses tentang pariwisata di Purwakarta hanya dengan sekali klik. [jar]

Komentar Pembaca