Korlantas Polri: Angka Kecelakaan Lalin Turun 50 Persen

Peristiwa  MINGGU, 09 JUNI 2019 , 01:24:00 WIB | LAPORAN: DEDE MUHIBIN

Korlantas Polri: Angka Kecelakaan Lalin Turun 50 Persen

Kakorlantas saat memantau Pos Pengamanan Jalur Leter U Gentong/RMOLJabar

RMOLJabar. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri merilis angka kecelakaan lalu lintas selama arus mudik lebaran 2019. Menurut data yang masuk, kecelakaan lalin turun dibandingkan musim lebaran tahun sebelumnya.

"Sesuai dengan data yang masuk kami mencatat, angka jumlah kecelakaan lalu lintas pada 2019 menurun sebesar 50 persen, dibandingkan dengan tahun 2018 lalu," kata Kakorlantas Polri, Irjen Refdi Andri saat memantau Pos Pengamanan Leter U Gentong, Tasikmalaya, Sabtu (8/6).

Sementara itu, selama bulan Ramadan, angka kecelakaan di jalur Gentong Tasikmalaya banyak terjadi. Namun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya cenderung menurun.

Menurut data dari Korlantas, sebanyak 336 kejadian, sedangkan pada 2018 mencapai 831 kejadian.

Adapun data korban yang meninggal dunia saat arus mudik pada 2019 sebanyak 74 jiwa, sementara itu pada 2018 mencapai 178 jiwa.

Sementara korban luka berat tahun 2019 sebanyak 53 orang, sedangkan tahun 2018 sebanyak 175 orang. Dan untuk korban luka ringan tahun 2019 sebanyak 351 orang, sedangkan tahun 2019 mencapai 1.082 orang.

Menurut Refdi, turunnya angka kecelakaan lalin ini atas kerjasama semua mitra dan kesadaran pemudik lebaran 2019.

"Saya banyak ucapkan terima kasih kepada semua mitra yang telah membantu dalam bertugas selama arus mudik dan balik lebaran tahun 2019 ini," ujarnya.

Meski angka kecelakaan menurun, Kakorlantas tetap mengingatkan pemudik agar terus waspada terutama pada saat arus balik yang melintas jalur Selatan Tasikmalaya.

"Saat ini jalur selatan gentong, masih mengalami kepadatan dan kemacetan. Karena masih banyaknya kendaraan lokal yang masih melakukan  silaturahmi, takjiah serta banyaknya warga yang pergi untuk beriwisata di wilayah jawa barat," kata Irjen Refdi.

Selain itu, Kakorlantas didampingi rombongan, langsung bertemu dengan Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Febry Maruf Kurniawan, untuk menanyakan seputar arus kendaraan dijalur Gentong Tasikmalaya.

Jalur gentong yang terkenal rawan kecelakaan ini, menjadi perhatian semua kalangan. Selain jalannya berkelok, juga banyak tanjakan dan turunan curam, sehingga para pemudik yang melintas jalur gentong diharap hati-hati.

"Kami himbau kepada semua pengendara arus balik, diharap waspada ketika melintas jalur selatan,terutama pengendaran sepeda motor, selain minimnya penerangan jalan umum (PJU) juga jalur medan yang berkelok dabn banyak tanjaka serta turunan," ucap Kapolres Tasikmalaya kota AKBP Febry Maruf.

Hingga sore tadi, arus kendaraan balik di jalur Gentong Tasikmalaya masih terjebak macet sepanjang 10kilo meter, meski petugas sudah melakukan one way, dan pengalihan arus kendaraan ke jalur alternatif, namun kemacetan di jalur Gentong ini masih tidak bisa terurai. [aga]

Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA