KABUPATEN BANDUNG BARAT

Libur Lebaran, Wisatawan Padati Kawah Ratu Tangkuban Parahu

Ekbis  MINGGU, 09 JUNI 2019 , 14:00:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

Libur Lebaran, Wisatawan Padati Kawah Ratu Tangkuban Parahu

Lokasi Wisata Tangkuban Perahu/RMOLJabar

RMOLJabar. Taman Wisata Alam (TWA) Tangkuban Parahu masih menjadi destinasi wisata alam unggulan di Lembang Kabupaten Bandung Barat, tercatat puluhan ribu wisatawan domestik dan mancanegara kunjungi Kawah Ratu pada liburan Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Direktur Utama PT. Graha Rani Putra Persada (GRPP) Putra Kaban mengungkapkan, lonjakan wisatawan terjadi mulai hari lebaran Rabu (5/6) dan puncak kunjungan pada sabtu (8/6) kemarin.

Meski begitu, jumlah total kunjungan pada libur idul fitri 2019 memang menurun dibanding libur lebaran tahun lalu. Ini dipengaruhi dari jadwal liburan lebaran terpisah dengan libur sekolah.

Empat hari sejak lebaran, pengelola mencatat sedikitnya 18 ribu orang wisatawan domestik dan mancanegara datang ke wisata alam yang melekat dengan cerita rakyat sunda Sangkuriang dan Dayang Sumbi itu.

"Puncaknya pada Sabtu (8/6) kemarin, tercatat puluhan ribu orang datang berkunjung, minggu ini justru menurun mungkin bersiap untuk aktifitas besok,"ungkap dia, Minggu (9/5).

Ia memprediksi, destinasi ke TWA Tangkuban Parahu akan kembali membludak pada liburan sekolah beberapa pekan kedepan.

"Kemungkinan peningkatan kunjungan akan kembali mencapai puncaknya pada libur natal dan tahun baru,"imbuhnya.

Pengunjung TWA Tangkuban Parahu, lanjut dia, didominasi wisatawan domestik seperti Jabodetabek, Jawa tengah dan timur serta Lampung. Namun juga obyek wisata konservasi alam ini diminati wisatawan mancanegara berasal dari Malaysia, Singapura, Polandia, Jerman dan Belanda.

Kepala Staf PT.GRPP Heri menambahkan, liburan kali ini pihaknya menambah 60 orang tenaga casual dari pelajar dan warga sekitar lembang lantaran lonjakan pengunjung membludak seperti umumnya libur lebaran.

"Tenaga casual ditambah 60 orang pada musim libur lebaran tahun ini,  biasanya 20 orang kemudian ditambah agar pelayanan lebih cepat,"katanya.

Dari sekian lokasi kunjungan yang ada di TWA, papar dia, Kawah Ratu masih menjadi lokasi favorit wisatawan berkunjung selain kawah Domas, panorama alam yang masih asri dan dasar kawah tetap menjadi incaran spot selfie pengunjung.

"Wisatawan biasanya tak lebih dari satu jam berada di sekitar kawah ratu, kendaraan juga tak menumpuk karena sirkulasi kedatangan dan pulang terjaga,"pungkasnya.[son]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00