KOTA BANDUNG

Yana: Jangan Cuma Layani Pemasangan Listrik, Di Pasar PLN Harus Benahi Jaringannya Juga

Peristiwa  SENIN, 10 JUNI 2019 , 15:23:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Yana: Jangan Cuma Layani Pemasangan Listrik,  Di Pasar PLN Harus Benahi Jaringannya Juga

Yana Mulyana/RMOLJabar

RMOLJabar. Tak cukup memberi pelayanan pemasangan arus listrik di area pasar, Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana meminta Perusahaan Listrik Negara (PLN) membenahi dan mengawasi jaringan listrik hingga ke tiap kios.

Hal tersebut diungkapkan Yana, menyusul adanya kejadian kebakaran yang kembali terjadi di pasar kota Bandung. Berdasarkan hasil sementara, kebakaran yang terjadi di pasar Ujung Berung diduga akibat adanya arus pendek listrik.

"Saya mengimbau kepada PLN agar tidak mudah untuk melakukan penyambungan, jadi harus dilihat juga instalasi ke dalamnya, jadi jangan dilihat sampai dari titik PLN ke meteran saja, tapi meteran ke dalamnya juga harus diperhitungkan," ucap Yana usai peninjaun di lokasi kebakaran pasar ujung berung, Kota Bandung, Senin, (10/6).

Setelah melakukan peninjauan, Yana juga mengkritisi istalasi yang ada di pasar Ujung Berung yang dinilainya mengecewakan.

"Tadi Saya lihat juga sepintas instalasi listriknya, kurang baik," tegas Yana.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana kota Bandung Dadang Iriana, menambahkan PLN diharapkan tidak mudah memberikan izin dalam penyambungan arus listrik kepada masyarakat. Hal itu dilakukan, untuk meminimalisir terjadinya kebakaran yang disebabkan oleh sambungan arus pendek.

"Pihak PLN tidak juga semata-mata memberikan izin pemasangan listrik, jangan asal pasang listrik. Akibatnya seperti ini (terjadi kebakaran)," ujar Dadang.

Selain mengawasi izin pemasangan, Dadang menegaskan, PLN juga harus memperhatikan standar pemasangan listrik khusunya di dalam pasar.[son]

Komentar Pembaca