KOTA SUKABUMI

Tren Pembangunan Gedung Bertingkat Belum Sebanding Kapasitas Petugas BPBD

Pemerintahan  SELASA, 11 JUNI 2019 , 12:16:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIQ SUPRIADI

Tren Pembangunan Gedung Bertingkat Belum Sebanding Kapasitas Petugas BPBD

Dril Vertical Rescue BPBD Sukabumi/RMOLJabar

RMOLJabar. Tren pembangunan gedung bertingkat di Kota Sukabumi belum diikuti peningkatan kapasitas petugas penanggulangan bencana, khususnya saat melakukan penyelamatan di gedung-gedung bertingkat. Oleh karena itu, perlu peningkatan kapasitas petugas dalam evaluasi di gedung-gedung tinggi.

"Kita perlu petugas untuk meningkatkan kapasitasnya. Makanya dibuat drill vertical rescue kepada para petugas," ujar Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami, Selasa (11/6).

Melalui peningkatan kapasitas tersebut, tatkala ada bencana bisa segera teratasi. Terutama dalam penyelamatan gempa bumi ataupun kebakaran di gedung gedung tinggi. "Hotel, pemerintahan, dan pusat belanja sekarang banyak yang bertingkat di Kota Sukabumi. Kalau ada bencana, bisa segera teratasi. Apalagi kita menitikberatkan penyelamatan di tempat tinggi" ucapnya.

Apalagi, kejadian gempa bumi dan kebakaran di Kota Sukabumi cukup tinggi. Meskipun, potensi bencama di kota mochi itu dalam kategori sedang. "Gempa bumi dan kebakaran yang paling tinggi di Kota Sukabumi," ungkapnya.

Bahkan untuk gempa sendiri, semua wilayah di Kota Sukabumi dalam kategori rawan. Meskipun ada beberapa yang masuk ketegori longsor. "Kalau longsor itu lebih di daerah perbukitan," pungkasnya.[son]

Komentar Pembaca