Dua Pekan Lagi, PPDB Di Kabupaten Bandung Resmi Dibuka

Pemerintahan  SELASA, 11 JUNI 2019 , 20:01:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Dua Pekan Lagi, PPDB Di Kabupaten Bandung Resmi Dibuka

Sisa-siswi SD/Dok

RMOLJabar. Dua pekan lagi atau tepatnya Senin tanggal 24 Juni nanti Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 di wilayah Kabupaten Bandung akan dibuka.

Begitu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Juhana dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kantor Berita RMOLJabar, Selasa (11/6).

Juhana berharap, masyarakat terutama orang tua yang akan menyekolahkan putra putrinya mengetahui tentang jadwal PPDB terutama untuk tingkat SMP dan sederajat.

"Pendaftaran (PPDB tahun ini) untuk jalur prestasi akan dibuka mulai 24 Juni sampai 26 Juni 2019. Sementara jalur zonasi akan dimulai 1 Juli sampai 6 Juli," ujar Juhana.

Persyaratan yang harus dilengkapi, lanjut Juhana, saat calon peserta didik akan mendaftar di jalur zonasi di antaranya akta kelahiran, kartu keluarga, dan KTP orangtua.

"Mereka juga wajib melampirkan Surat Hasil Ujian Sekolah Berstandar Nasional (SHUSBN), lalu Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) dari sekolah asal," katanya.

Sementara untuk jalur prestasi, tambah Juhana, syaratnya ditambah dengan melampirkan sertifikat kejuaraan yang dilegalisir penyelenggara (Kompetisi).

"Untuk jalur perpindahan tugas orangtua, sama dengan jalur zonasi ditambah surat keterangan dari instansi tempat orangtua bekerja, serta membuat pakta integritas bertandatangan pimpinan intansi," ucapnya.

Juhana menuturkan, dalam rangka transparansi, khusus jenjang SMP, PPDB pada tahun pelajaran 2019/2020 ini akan memberlakukan sistem online melalui laman www.ppdbkabbandung.info.

"Kami harapkan pola PPDB ini mewujudkan azas berkeadilan, semua warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang sesuai kriteria dan objektif," tandasnya. [gan]

Komentar Pembaca