PAN Percayakan Proses Hukum Sengketa Pemilu Sepenuhnya Kepada MK

Politik  KAMIS, 13 JUNI 2019 , 14:46:00 WIB | LAPORAN: DINNI KAMILANI

PAN Percayakan Proses Hukum Sengketa Pemilu Sepenuhnya Kepada MK

Gedung MK /net

RMOLJabar. Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Barat mempercayakan sepenuhnya proses hukum hasil sengketa pemilu 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kader PAN di Jawa Barat mempercayakan proses hukum di MK, karena itu salahsatunya jalan melakukan secara konstitusional," demikian dikatakan Ketua Harian Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jawa Barat, Hasbullah kepada kantor berita RMOLJabar, Kamis (13/06).

"Tidak ada intruksi dari DPP untuk kita datang ke Jakarta, tetapi secara hukum PAN menyerahkan kepada mekanisme hukum di MK," sambungnya.

Seperti diketahui Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang perdana hasil sengketa pemilu serentak 2019, Jum'at besok (14/5). Sebelumnya Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo - Sandi telah mengajukan gugatan sengketa hasil Pilpres 2019 ke MK, Jumat (24/5) lalu. Prabowo-Sandi menggugat hasil Pilpres 2019 setelah kalah dari pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

MK sendiri telah menetapkan jadwal sidang dan tahapan penyelesaian sengketa hasil pemilihan umum serentak 2019. Diantaranya jadwal penyelesaian perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) untuk calon presiden dan wakil presiden alias Pilpres 2019.

Sebagai kader PAN, Hasbullah berharap kepada majelis-majelis di MK dalam melakukan proses persidangan melaksanakan secara objektif serta melihat fakta-fakta persidangan yang ada.

"Untuk kami menunggu dalam konteks proses persidangan di MK. Intinya kami PAN di Jawa Barat mematuhi prosedural hukum yang sudah di daftar kubu 02 kepada MK," tandasnya. [din]



Komentar Pembaca