Akan Gelar Pilkada 2020, KPU Jabar Minta 8 Daerah di Jabar Segera Koordinasi

Politik  JUM'AT, 14 JUNI 2019 , 19:41:00 WIB | LAPORAN: DINNI KAMILANI

Akan Gelar Pilkada 2020, KPU Jabar Minta 8 Daerah di Jabar Segera Koordinasi

Rifki Ali Mubarok/RMOLJabar

RMOLJabar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat meminta agar kedelapab Kabupaten/ Kota di Jabar yang akan menggelar pilkada di 2020 untuk segera melakukan koordinasi terkait berbagai persiapan pilkada yang akan berlangsung.

"Kami sampaikan kepada 8 kabupaten kota ini supaya berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten untuk menyiapkan anggaran kebutuhan untuk melaksanakan pilkada 2020," Demikian disampaikan ketua KPU Jabar, Rifki Ali Mubarok, kepada kantor berita RMOLJabar, Jum'at (14/6).

Rifki menuturkan KPU Jabar akan menggelar Pilkada di 8 Kota/Kabupaten di Jabar di 2020 mendatang, yakni, Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Depok.

Menurutnya pihaknya telah menyampaikan kepada 8 Kabupaten/Kota tersebut untuk melakukan kordinasi dengan pemerintah perihal anggaran pelaksanaan Pemilu serentak.

"Sudah kami sampaikan untuk melakukan kordinsi dengan pemerintah daerah. Mengingat anggarannya masuk anggaran pelaksanaan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah," ujar Rifki.

Selain persiapan anggaran pihaknya juga masih menunggu regulasi terkait dengan pelaksanaan Pilkada, apakah masih menggunakan regulasi lama atau regulasi baru.

"Makanya di 2019 ini diharapkan, Kabupaten/Kota harus menyusun kebutuhan, baik menyangkut pengadaan logistik, honor untuk penyelenggara ditingkat PPK,PPS, KPPS," ujar Rifki.

"Termasuk juga untuk pelaksanaan tahapan seperti sosialisasi, kemudian, data Pemilu, juga data Pemilu juga harus dimutahirkan, juga Bintek, teknis dan lain sebagainya," sambungnya.

Kendati demikian untuk waktu penyelenggaraannya Rifki mengaku masih menunggu arahan dari KPU Pusat, dimana sampai saat ini KPU RI masih belum memutuskan untuk hari maupun tanggal pelaksanaan Pilkada 2020.[son]

Komentar Pembaca
Tidak Ada Tindakan Tegas, Perekonomian Bisa di Bawah 5 Persen
Pencuri di Semarang Hanya Butuh 10 Detik Gasak Motor
PKS Konsisten Oposisi

PKS Konsisten Oposisi

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 14:43:03

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad
Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA