Pemprov Jabar Akan Menyulap Waduk Jatiluhur Jadi Destinasi Wisata Juara

Pemerintahan  JUM'AT, 14 JUNI 2019 , 23:45:00 WIB | LAPORAN: RIZAL FADILLAH

Pemprov Jabar Akan Menyulap Waduk Jatiluhur Jadi Destinasi Wisata Juara

Waduk Jatiluhur/Net

RMOLJabar. Melihat potensi Waduk Jatiluhur di sektor pariwisata yang sejauh ini dimanfaatkan untuk sport tourism, membuat Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana untuk mengubah wajah waduk yang berada di Kabupaten Purwakarta tersebut menjadi sejumlah destinasi wisata yang juara.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat, Dedi Taufiq mengatakan, potensi Waduk Jatiluhur cukup banyak di sektor pariwisata. Beberapa tahun lalu, kata Dedi, Waduk Jatiluhur telah dirancang untuk sport tourism, seperti Ski Air.

"Nah sekarang kita akan manfaatkan wisata air yang ada di sana selain sport tourism," ujar Dedi di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (14/6).

Menurutnya, dengan kontur alam yang berbukit di kawasan tersebut, dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan potensi pariwisata selain wisata air. Misalnya saja, dengan mendirikan venue untuk olah raga paralayang.

"Kemudian juga nanti ada rumah makan terapung, ini juga yang ada perubahan menurut saya," katanya.

Selain itu, pihaknya pun akan mengembangkan Daerah Aliran Sungai (DAS) di Jatiluhur seperti Situ Cipule yang saat ini kerap digunakan sebagai venue olahraga dayung.

"Nah kita akan kembangkan untuk di sana sampai ke muara gembong ya, rencananya akan kita bangunkan tahun depan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Dedi mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengupayakan Detail Engineering Design (DED) baik itu untuk Muara Gembong dan di Jatiluhur. Di mana tinggal memadukan konsep pariwisata Jabar dengan yang berada di Perum Jasa Tirta (PJT) II

"Kita serasikan mana yang akan kita kembangkan. Salah satunya dalam waktu dekat akan ada dayung sama festival jazz di Jatiluhur. Kami kemarin juga sudah ngobrol-ngobrol dengan Dirut Perum Jasa Tirta II di mana nanti ada sesuatu yang baru kita angkat budaya budaya di sana," jelasnya.

Disinggung soal investor, Dedi mengungkapkan, dapat ditempuh dengan cara kolaborasi. Bisa saja melalui Pemerintah Daerah (Pemda) setempat dan ditolak dari PJT II.

"Yang paling penting ada action plan, yang pertama kita inventarisir dulu aset-aset yang dimiliki Jatiluhur yang nanti bisa dikerjasamakan," pungkasnya. [yud]

Komentar Pembaca
Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 22:28:40

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad