Diduga Salah Gunakan Izin Sakit, Setnov Dipindahkan Ke Lapas Gunung Sindur

Hukum  SABTU, 15 JUNI 2019 , 01:28:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Diduga Salah Gunakan Izin Sakit, Setnov Dipindahkan Ke Lapas Gunung Sindur

Lapas Sukamiskin/RMOLJabar

RMOLJabar. Narapidana kasus korupsi E-KTP yang juga mantan Ketua DPR RI Setya Novanto dikabarkan kembali terpantau berada di luar Lapas Sukamiskin.

Berdasarkan informasi yang beredar, Novanto pergi ke sebuah tempat penjualan bahan bangunan di kawasan Padalarang pada Jumat (14/6) siang. Dalam foto yang beredar, Novanto tampak mengenakan kemeja lengan pendek, kepalanya memakai topi hitam dan wajahnya ditutup masker.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Liberty Sitinjak mengungkapkan, pihaknya baru mendapatkan informasi terkait hal tersebut. Liberty membenarkan pada tanggal 12 Juni 2019 setya Novanto mendapatkan izin berobat di Rumah Sakit Santosa Kota Bandung.

"Tanggal 12 yang bersangkutan dirawat di rumah sakit, dan pada saat itu juga saya ada di sana melihat secara langsung dia (setnov) di infus," ucap Liberty di Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Jumat (14/6) malam.

"Tadi saya mendapat laporan dari kalapas, bahwa berita itu (setnov diluar lapas) sudah ada yang mempublis ke media sosial," sambung Liberty.

Atas kejadian tersebut, pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap petugas yang mendampingi Setnov selama di luar lapas. Selain itu, Liberty juga akan melakukan pemeriksaan terhadap atasan yang menugaskan pengamanan terhadap Setnov saat berada diluar lapas untuk izin berobat.

"Pertama, pegawalnya sedang dalam proses pemeriksaan, atasan langsung yang bertanggujawab terkait pengawasan, mulai Senin saya tarik sementara ke kanwil untuk dilakukan pemeriksaan, apakah yang bersangkutan sudah melaksanakan SOP apa tidak," ujarnya.

Selain melakukan pemeriksaan terhadap petugas, untuk memberikan efek jera, terhitung pada malam ini Setya Novanto dipindahkan dari Lapas Sukamiskin ke Lapas Gunung Sindur Bogor.

"Malam ini Setnov akan saya pindah ke Gunung Sindur, nanti sama-sama kita liat bahwa akan saya pindah, di rutan yang maksimum security," pungkasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

SELASA, 12 NOVEMBER 2019 , 20:09:14

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

SENIN, 11 NOVEMBER 2019 , 17:50:00

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

SABTU, 09 NOVEMBER 2019 , 22:30:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00