KOTA SUKABUMI

Meski Hanya Bersifat Pendamping, Kodim Bisa Bantu Tingkatkan Produktifitas Pangan

Pemerintahan  SABTU, 15 JUNI 2019 , 14:15:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIQ SUPRIADI

Meski Hanya Bersifat Pendamping, Kodim Bisa Bantu Tingkatkan Produktifitas Pangan

Mujahidin/RMOLJabar

RMOLJabar. Kodim 0607 Sukabumi terus mendampingi daerah rawan pangan di Kota Sukabumi. Hal itu dilakukan dalam menjaga ketahanan pangan.

"Kodim juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah daerah dalam menjaga ketahanan pangan," ujar Komandan Kodim 0607 Letkol (Kav) Mujahidin, Sabtu (15/6).

Bahkan menurutnya, Kodim terus lakukan program ketahanan pangan yang berkelanjutan. Hal tersebut termasuk di Kelurahan Subangjaya Kecamatan Cikole, Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyong, Keluarahan Limusnunggal Kecamatan Cibeureum dan Sudajayahilir Kecamatan Baros. Apalagi pendampingan tersebut merupakan kerjasama Mabes TNI dengan Kementerian Pertanian.

"Perintah komando atas sampai jajaran Satkorwil atau kodim, melaksnakan pendampingan atau upaya khusus yang sifatnya menggerakkan petani dalam produksi pertanian. Selain itu, membantu menyerap gabah padi secara maksimal, termasuk cetak sawah," ucapnya.

Meskipun Kodim sifatnya hanya pendampingan dalam ketahanan pangan ini, tapi bisa memberikan masukan kepada pemerintah daerah untuk meningkatan produktifitas pangan.

"Selama ini kami sudah melakukan pendampingan dan program ini kami kerjasamakan dengan stakeholder terkait," ungkapnya.

Bahkan menurutnya, jajarannya turun langsung ke lapangan memeriksa kondisi dan ketersediaan lahan sawah. Hal itu agar lahan sawah produktif tidak beralih fungsi yang menyebabkan penyusutan lahan sawah.

"Jangan sampai sawah yang sudah ditetapkan sebagai cadangan utama beras di Sukabumi berubah fungsi," terangnya.

Tak hanya itu, Kodim juga terus mengupayakan penyerapan gabah dari para petani Sukabumi. Gabah yang diserap dari para petani nantinya bisa disalurkan ke Bulog sehingga akan menjadi lubung atau stok pangan yang sustainable.

"Untuk mengawal sektor ketahan pangan, bukan hanya terfokus kepada beras saja, melainkan dari komoditi lainya. Makanya, selain dengan pemerintah daerah, kita juga terus bergerak dengan kelompok tani yang ada untuk mewujud ketahanan yang baik," pungkasnya. [aga]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00