Masuk Gugatan Kubu Prabowo-Sandi, KPU Jabar: Alat Bukti Sudah Kami Sampaikan

Politik  SABTU, 15 JUNI 2019 , 19:28:00 WIB | LAPORAN: DINNI KAMILANI

Masuk Gugatan Kubu Prabowo-Sandi, KPU Jabar: Alat Bukti Sudah Kami Sampaikan

Rifki Ali Mubaroq/RMOLJabar

RMOLJabar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, mengungkapkan terdapat 2 gugatan kubu 02 Prabowo-Sandi di Jawa Barat, yakni terkait daftar pemilih tetap (DPT) yang dinilai Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi terdapat kecurangan berupa nomor induk kependudukan (NIK) ganda dalam satu kartu keluarga (KK) dan terkait adanya kesalahan input data di Situng C1.

"Kita sudah menyampaikan alat bukti yaitu hasil rekap di tingkat Kecamatan, Kota/Kabupaten dan Provinsi. Kita sudah menyampaikan bukti bahwa proses rekap itu juga di hadiri oleh para saksi 01 maupun 02," demikian disampaikan Ketua KPU Jabar, Rifki Ali Mubaroq kepada Kantor Berita RMOLJabar, Sabtu (15/6).

Seperti diketahui gugatan tersebut telah dibawa pada sidang perdana Perselisihan Hasil Pemilu Umum (PHPU) atau sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (14/6) kemarin.

Ia menuturkan, kedua materi pokok gugatan paling banyak diajukan BPN Prabowo-Sandi di Kabupaten Majalengka dan Kota Bogor. Kendati demikian, Rifki mengatakan bila di kedua daerah tersebut pasangan Prabowo-Sandi justru menang. Bahkan di Kota Bogor pasangan 02 unggul telak atas pasangan Jokowi-Ma'ruf.

"Yang spesifik Majalengka dan kota Bogor saja terkait dengan data pemilih. Posisi 02 di kedua daerah tersebut justru menang apalagi Kota Bogor itu menang telak," ungkap Rifki.

Ia juga memastikan pihakny mengikuti dan sangat menghormati langkah pasangan 02 yang menggunakan cara sesuai konstitusi dalam menyelesaikan perselisihan hasil Pilpres 2019. Itulah sebabnya, dalam sidang perdana sengketa pemilu yang berlangsung di MK Jum'at lalu, seluruh komisioner KPU Jabar hadir.

"Kami semua hadir untuk mengetahui materi gugatan, kemungkinan kita hari Senin menyiapkan Jawaban dari materi yang di sampaikan pada sidang pertama," tandasnya.[son]

Komentar Pembaca
Tidak Ada Tindakan Tegas, Perekonomian Bisa di Bawah 5 Persen
Pencuri di Semarang Hanya Butuh 10 Detik Gasak Motor
PKS Konsisten Oposisi

PKS Konsisten Oposisi

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 14:43:03

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad
Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA