Optimalkan Potensi DAS Citarum , KNPI Jabar Akan Gelar "Hajat Lembur"

Ragam  SABTU, 15 JUNI 2019 , 20:05:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Optimalkan Potensi DAS Citarum , KNPI Jabar Akan Gelar

Pengurus DPD KNPI Jabar/RMOLJabar

RMOLJabar. Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menggandeng Karang Taruna Kabupaten Bandung, serta Pemerintah Desa Neglasari, untuk menggelar "Hajat Lembur" pada 29-30 Juni 2019. Kegiatan tersebut juga sekaligus memperingati ulang tahun desa Neglasari Kabupaten Bandung yang ke-37.

Hajat Lembur sendiri akan menampilkan beragam kesenian dan budaya dari masyarakat Desa Neglasari, diantaranya ayam tempur, katangkasan domba, tari tradisional, kacapi suling, kaulinan barudak lembur.

Selain penampilan kesenian dan budaya, DPD KNPI Jabar juga berencana melakukan penanaman bibit pohon di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

Ketua DPD KNPI Jabar, Rio F Wilantara mengatakan keterlibatan DPD KNPI merupakan sebuah komitmen dalam bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk membersihkan Sungai Citarum. Menurutnya, pemuda saat ini harus proaktif dalam penyelamatan sungai terpanjang di Jawa Barat ini.

"Kita pun sebagai pemuda harus ikut aktif apalagi menjelang bonus demografi, angkatan muda semakin banyak, maka ada inisiasi memberdayakan pemuda dalam konsep Citarum dan Hajat Lembur ini," ucap Rio di Kantor DPD KNPI Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Sabtu, (15/6).

Rio mengungkapkan, DAS Citarum akan dibuat menjadi lebih produktif seperti penanaman pohon dan destinasi wisata.

"Nantinya di setiap desa juga harus punya komoditas pangan, kita juga menginisiasi penanaman sektor produktif seperti kopi, rencananya mulai Agustus sudah berjalan," ujarnya.

Ditemui di tempat yang sama, Pengarah Tim Pancer DAS Citarum DPD KNPI Jabar, Teguh Ari Prianto menambahkan, sudah ada kajian yang dilakukan DPD KNPI, Karang Taruna, serta beberapa Perguruan Tinggi, terkait manfaat sungai bagi sebuah peradaban manusia.

"Kita coba bangun kesadaran bersama dalam hajat lembur, sungai sangat memberikan manfaat, namun timbal baliknya malah mencemari sungai itu sendiri, contohnya Sungai Citarum ini," pungkasnya. [son]



Komentar Pembaca
Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang
Walikota Medan Terjaring OTT KPK

Walikota Medan Terjaring OTT KPK

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 11:36:34

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad