Argumen Tim Prabowo-Sandi Di MK Adalah Untuk Menyempurnakan Demokrasi

Politik  SENIN, 17 JUNI 2019 , 01:37:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Argumen Tim Prabowo-Sandi Di MK Adalah Untuk Menyempurnakan Demokrasi

Net

RMOLJabar. Argumentasi tim kuasa hukum Prabowo-Sandi saat persidangan perdana di Mahkamah Konstitusi (MK) lebih banyak mengeluarkan data kualitatif. Hal itu karena tim BPN tak lagi mementingkan hasil Pilpres 2019.

"Mengenai data yang lebih mengarah pada kualitatif, bisa dikatakan bahwasanya yang akan diangkat pada persidangan kali ini, tim 02 lebih mengarah pada proses dibanding hasil pemilu," ucap Dosen Komunikasi Politik Universitas Bhayangkara Jaya, Diah Ayu Permatasari seperti dilansir Kantor Berita RMOL, Minggu (16/6).

Tak hanya itu, ia menilai pemilihan kualitatif dilakukan lantaran ada kecenderungan tim BPN yang berat untuk membuktikan perbedaan suara berdasarkan kuantitatif.

"Selain karena data kuantitatif 02 mengalami beberapa perubahan dalam metode penghitungan, termasuk beratnya 02 dalam memenuhi selisih data kuantitatif sebesar 17 juta. Data kualitatif ini merupakan upaya melihat masalah Pemilu kali ini pada proses dan pelaksanaannya," jelasnya.

Argumentasi tim hukum BPN, katanya, juga dinilai sebagai upaya memperbaiki proses penyempurnaan demokrasi di Indonesia, dilihat dari pengalaman Pemilu sebelumnya.

"Hal ini mungkin juga bisa menjadi refleksi untuk perbaikan mengenai pengalaman pemilu yang bukan hanya kali ini, tetapi sebelum-sebelumnya. Saya yakin ini merupakan bagian proses penyempurnaan demokrasi kita," paparnya.

Baginya, untuk saat ini profesionalitas MK sebagai penentu menjadi faktor kunci pengungkapan dugaan kecurangan.

"Keputusan berdasarkan kualitatif ini harus dilengkapi referensi, bukti dan kebijakan yang benar serta sifatnya harus objektif. Apabila tidak, hal ini akan menjadi permasalahan baru dalam bangsa kita," tandasnya. [jar]

Komentar Pembaca
Tidak Ada Tindakan Tegas, Perekonomian Bisa di Bawah 5 Persen
Pencuri di Semarang Hanya Butuh 10 Detik Gasak Motor
PKS Konsisten Oposisi

PKS Konsisten Oposisi

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 14:43:03

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad
Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA