KABUPATEN PURWAKARTA

Segera, Satpol PP Tindaklanjuti Minimarket Langgar Jam Operasional

Hukum  SENIN, 17 JUNI 2019 , 20:02:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Segera, Satpol PP Tindaklanjuti Minimarket Langgar Jam Operasional

RMOLJabar

RMOL. Satpol PP Kabupaten Purwakarta segera menindaklanjuti sejumlah gerai minimarket di sejumlah wilayah di Kabupaten Purwakarta yang diduga melanggar aturan jam operasional.

"Segera kita komunikasikan dengan manajemen minimarket terkait. Bila perlu kita lakukan penyegelan," kata Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Purwakarta, Dedeh Sofia Hasanah, melalui sambungan selulernya kepada Kantor Berita RMOL Jabar, Senin (17/6).

Menurutnya, berdasarkan laporan dari salah satu ormas, minimarket tersebut telah melanggar Perda No 14 Tahun 2012 tentang penyelenggaraan pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan toko modern.

"Sesuai dengan Perda yang disebutkan dan aduan kelompok masyarakat, kita akan memberikan peringatan," kata Teh Dedeh.

Menegaskan Peran Trantibum

Dedeh Sofia Hasanah juga menegaskan perihal peran Satpol PP dalam menjaga ketentraman dan ketertiban umum (Trantibum).

Menurutnya, Satuan Polisi Pamong Praja dituntut komitmen dan konsistensinya guna mewujudkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi untuk menciptakan stabilitas keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Secara emplisit, kata Teh Dedeh, pada Satpol PP tersirat dualisme fungsi. Di satu sisi sebagai polisi dan sisi lain sebagai pamong praja. Fungsi ini harus nampak dalam pelaksanaan tugas dilapangan agar tidak menuai reaksi masyarakat yang merasa tidak puas, tidak adil dan tentu saja biasanya dapat mengganggu situasi keamanan, ketentraman dan ketertiban umum.

"Jadi ini artinya bertindak sebagai saudara dalam melaksanakan tugas sebagai polisi tetapi tindakan harus pamong praja, sehingga tidak menuai reaksi masyarakat yang merasa tidak puas, tidak adil yang tentunya dapat mengganggu situasi kemanan, ketentraman dan ketertiban umum," tuturnya.

Namun demikian, saat bertindak sebagai saudara harus menunjukan kepada masyarakat adalah fungsi pengayoman dan edukatif. Peranan Polisi Pamong Praja dalam penyelenggaraan ketertiban dan ketentraman umum serta penegakan Peraturan Daerah (Perda) dan keputusan Kepala Daerah menjadi amat penting.

"Apalagi jika dibandingkan dengan fenomena yang ada dan berkembang dalam masyarakat saat ini. Pelaksanaan tugas operasional di lapangan, harus lebih berorientasi pada tugas-tugas pemerintahan dalam rangka menegakan kebijakan pemerintah daerah," demikian Teh Dedeh. [jar]

Komentar Pembaca
Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang
Walikota Medan Terjaring OTT KPK

Walikota Medan Terjaring OTT KPK

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 11:36:34

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad