Biar Nggak Semerawut Pemkot Sukabumi Kepikiran Bangun City Hub Dan Skywalk

Politik  SENIN, 17 JUNI 2019 , 23:59:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIQ SUPRIADI

Biar Nggak Semerawut Pemkot Sukabumi Kepikiran Bangun City Hub Dan Skywalk

RMOLJabar

RMOLJabar. Penggunaan ruang lalulintas yang tidak sesuai peruntukannya menjadi penyebab kesemrawutan di Kota Sukabumi. Hal itu seperti sebagian besar ruang lalulintas digunakan PKL dan parkir.

"Makanya kami akan ambil langkah strategis. Sehingga fungsi jalan harus dikembalikan untuk kendaraan, bukan pedagang ataupun parkir," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi Abdul Rachman, Senin (17/6).

Menurutnya, tiga jalan yang saat ini mengalami kesemrawutan. Jalan tersebut ialah Ciwangi, Ahmad Yani, dan Harun Kabir. Oleh karena itu, Dishub akan mengatasi permasalahan di tiga jalan tersebut. "Rencananya kami akan bangun pusat parkir, pengembangan city hub, dan Skywalk di tiga tempat tersebut," ucapnya.

Pasalnya, langkah paling tepat untuk mengurai kesemrawutan ialah dengan menata area parkir. Dalam hal ini, Pemkot Sukabumi akan membangun area parkir dengan sistem berlantai. "Dalam waktu dekat kami akan membahas secara teknis pembangunan lahan parkir tersebut dengan pengelola super market di Jalan Ahmad Yani," ungkapnya.

Tak hanya itu, pembangunan city hub juga untuk mengurai pusat keramaian. Sehingga tidak terfokus pada satu titik di tengah kota. "Selama ini Jalan Ciwangi, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Harun Kabir terlalu berat bebannya sebagai pusat keramaian. Nantinya lokasi city hub sekitar Lingkar Selatan. Sebab, tidak terlalu dari Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi,"terangnya.

Skywalk sendiri dibangun sebagai penghubung dari mal ke mal. Dalam proyek ini Dishub akan membuat kajian pembangunan jalan penghubung mal di Pasar Pelita, Citimall, dan Yogya Dept Store.

"Nantinya tidak ada lagi PKL dan tempat parkir di pinggir jalan karena semuanya telah dialihkan ke mal. Pembangunan skywalk bisa dibiayai oleh APBD kota, APBD provinsi, atau APBN. Bisa juga dikerjasamakan dengan investor," pungkasnya. [jar]


Komentar Pembaca
Tidak Ada Tindakan Tegas, Perekonomian Bisa di Bawah 5 Persen
Pencuri di Semarang Hanya Butuh 10 Detik Gasak Motor
PKS Konsisten Oposisi

PKS Konsisten Oposisi

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 14:43:03

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad
Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA