KABUPATEN INDRAMAYU

Reformasi Penyebaran Informasi, Fokoke Pede Resmi Dikukuhkan

Pemerintahan  SELASA, 18 JUNI 2019 , 05:42:00 WIB | LAPORAN: JIAHUL HAQ

Reformasi Penyebaran Informasi, Fokoke Pede Resmi Dikukuhkan

Pengukuhan Fokoke Pede/Ist

RMOLJabar. Seiring makin berkembangnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan menyebarkan informasi humas pemerintah harus siap mengantisipasi perubahan yang terjadi. Kemampuan menyerap informasi dan berinteraksi dengan publik, menjadi salah satu langkah bagi humas pemerintah untuk bisa mendongkrak kinerjanya.

Pemanfaatan media sosial di kalangan generasi muda saat ini bisa dijadikan peluang bagi praktisi humas pemerintah dalam mengirimkan pesan yang bermakna dan bernilai secara menarik.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) membentuk Forum Koordinasi Kehumasan Perangkat Daerah (Fokoke Pede) Kabupaten Indramayu sebagai wadah forum humas antar SKPD yang bisa mendesiminasi berbagai program dan kebijakan pemerintah daerah kepada publik. Sususnan keanggotaan Fokoke Pede dikukuhkan Bupati Indramayu H. Supendi melalui Asisten Administrasi Suwenda Asmita di Pendopo Indramayu, Senin (17/6).

Berdasarkan Keputusan Bupati Indramayu Nomor 488.05/Kep.62.1-Diskominfo/2019 susunan keanggotaan Fokoke Pede terdiri dari Kepala Bagian Umum Setda Indramayu, Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD, Sekretaris pada SKPD, dan Sekretaris Kecamatan.

Suwenda Asmita mengatakan, dengan menggunakan media sosial, seorang praktisi humas bisa mengumpulkan data pendukung yang nantinya bisa digunakan untuk merancang kegiatan humas yang sesuai dengan tren di masyarakat. Sekaligus membangun reputasi lembaga dengan tetap memerhatikan tata etika informasi.

Perubahan global yang terjadi berkat pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi saat ini menjadikan dunia makin datar, yang akan membawa kemudahan bagi kebudayaan lokal untuk mengglobal. Hal itu dimungkinkan dengan kemudahan akses terhadap teknologi.

Fokoke Pede Kabupaten Indramayu mampu bertugas mensosialisasikan kebijakan strategis pembangunan dan pelayanan pemerintah seiring dengan kemajuan zaman di era komunikasi yang makin terukur seperti sekarang.

"Adanya Fokoke Pede adalah Bakohumas khas Kabupaten Indramayu. Semoga setiap dinas yang memiliki humas mampu menyebarluaskan informasi kebijakan atau program pemerintah yang berdampak nyata bagi masyarakat,” katanya.

Suwenda menambahkan, Fokoke Pede Kabupaten Indramayu telah ditetapkan dalam Peraturan Bupati No.13 Tahun 2019 Tentang Forum Koordinasi Kehumasan Perangkat Daerah. Fokoke Pede menjadi bagian dari pusatnya Informasi Publik Pemerintah Kabupaten Indramayu.

"Fokoke Pede telah menitikberatkan pemberdayaan praktisi humas pada perangkat daerah sehingga memiliki corong sekaligus telinga pemerintah daerah dalam menyerap aspirasi masyarakat dan menyebarkan Informasi Publik secara utuh dan bertimbal balik kepada masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang anggota Fokoke Pede Sekretaris Kecamatan Gabuswetan, Sulardi mengatakan, pihaknya sangat respons terhadap pengukuhan Fokoke Pede tersebut. Pasalnya wadah Fokoke Pede bisa menjadi media yang efektif dalam menyebarluaskan informasi maupun menerima informasi yang datang dari masyarakat. [gan]

Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 14:31:46

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad