Di Empat Daerah, Bus Damri Siap Antar Penumpang Ke BIJB

Ekbis  SABTU, 22 JUNI 2019 , 05:29:00 WIB | LAPORAN: RIZAL FADILLAH

Di Empat Daerah, Bus Damri Siap Antar Penumpang Ke BIJB

Mursalin/RMOLJabar

RMOLJabar. Sejumlah armada bus telah disiapkan menyusul pemindahan penerbangan sejumlah maskapai dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Hal itu dilakukan guna memfasilitasi penumpang ke BIJB.

General Manager Perum Damri Bandung, Mursalin mengatakan, sejumlah armada bus akan disiapkan, tak terkecuali oleh Perum Damri di Bandung, Cikarang, Cirebon, dan Kuningan.

"Setiap dua jam sekali bus Damri dari sejumlah daerah tersebut akan diberangkatkan menuju BIJB maupun sebaliknya," ucap Mursalin, di Gedung Sate, Bandung, Jumat (21/6).

Mursalin menjelaskan, untuk bus dari Kota Bandung akan diberangkatkan di terminal Damri Jalan Kebonkawung mulai pukul 02.00 WIB. Jadwal yang sama, akan diberlakukan pula pada keberangkatan dari Terminal Cikarang di Kabupaten Bekasi.

"Sedangkan dari Terminal Kota Cirebon dan Kabupaten Kuningan, keberangkatan dimulai setiap pukul 04.00 setiap harinya dan keberangkatan yang sama dilakukan dua jam sekali. Alasan pemberangkatan lebih siang lantaran jarak yang lebih dekat dengan BIJB," jelasnya.

Nantinya, kata Mursalin, di setiap terminal akan mengoperasikan lima bus dengan kapasitas 40 penumpang.

"Artinya total bus yang beroperasi untuk melayani penumpang Bandara Kertajati ini berjumlah 20 bus. Dari Bandung dan Cikarang menuju Kertajati akan menggunakan rute Jalan Tol Cipali," katanya.

Rencananya, lima bus dari Kota Bandung akan digratiskan selama satu bulan atau diberlakukan biaya setengah tarif ongkos bus untuk penambahan sampai 10 bus Bandung-Kertajati.

"Tarif normal rute Bandung-Kertajati sebesar Rp75 ribu dengan jarak tempuh 175 km. Sedangkan harga karcis bus dari Cirebon ke Kertajati dengan jarak tempuh 65 km ditarif Rp40 ribu, Kuningan-Kertajati ditarif Rp50 ribu, dan Cikarang-Kertajati Rp60 ribu," tuturnya.

Mursalin optimistis, tidak akan mengalami kekosongan penumpang. Mengingat terdapat 56 penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung yang akan dipindahkan ke Bandara Kertajati pada 1 Juli 2019. Diperkirakan, 2.000 penumpang per hari akan menggunakan BIJB Kertajati.

"Bilamana sosialisasi berhasil, peminat ke Kertajati akan semakin banyak. Karena itu pihaknya akan mempergunakan masa transisi pemindahan penerbangan dari Bandung ke Kertajati ini dengan maksimal," tandasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00