Baksos, BCA Gelar Operasi Katarak Gratis

Sosial  SELASA, 25 JUNI 2019 , 15:39:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Baksos, BCA Gelar Operasi Katarak Gratis

RMOLJabar

RMOL. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bekerja sama dengan Kick Andy Foundation (KAF) mengadakan bakti sosial operasi katarak massal di RSUD Cikalong Wetan, Bandung Barat, Selasa (25/6).

Operasi katarak massal dalam rangka membantu masyarakat mencegah gangguan penglihatan sehingga dapat beraktivitas secara normal. Bakti sosial operasi katarak tersebut merupakan kegiatan rutin yang telah dilakukan sejak 2001 pada hampir seluruh wilayah di Tanah Air.

Kepala KCU BCA Soekarno Hatta, Juniarta mengatakan, BCA menegaskan komitmen untuk terus membantu masyarakat yang memiliki gangguan penglihatan akibat katarak yang dapat menyebabkan kebutaan.

"Komitmen tersebut sudah dinyatakan BCA dalam beberapa tahun belakangan demi membantu agar masyarakat terus dapat melakukan kegiatan produktif tanpa dihalangi oleh masalah gangguan kesehatan," kata Juniarta di sela kegiatan bakti sosial operasi katarak.

Pihaknya mencermati bahwa faktor penyebab utama kebutaan di Indonesia salah satunya karena katarak. Sebagai bank swasta nasional, pihaknya ingin terus berkontribusi bagi masyarakat terutama mereka yang memiliki gangguan penglihatan akibat indikasi katarak.

"Mudah-mudahan bakti sosial ini dapat menjadi solusi bagi para penderita katarak sehingga mereka dapat beraktivitas kembali secara normal,” ujar Juniarta.

Seperti diketahui, jumlah penderita katarak di Indonesia sekitar 2,4 juta orang dan terus bertambah satu persen setiap tahunnya. Penderita katarak rata-rata masih di usia produktif.

Sementara itu, katarak juga menjadi salah satu penyebab utama kebutaan. Kebutaan yang disebabkan oleh katarak mencapai sekitar 60 persen. Setiap tahunnya, jumlah operasi katarak yang dijalankan mencapai 80 ribu jiwa. Sementara jumlah tenaga medis ahli mata (ophthalmologist) di Indonesia baru mencapai 2.325 dokter.

Juniarta menambahkan, BCA telah berpartisipasi membantu masyarakat yang mengalami gangguan penglihatan akibat katarak sejak 2001. Pada tahun tersebut, BCA bekerja sama dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK-Perdami) dan sejak 2017 dengan Kick Andy Foundation. Kegiatan bakti sosial operasi katarak tersebut dilakukan secara gratis.

Untuk kegiatan bakti sosial operasi katarak di Purwakarta ini, kami perkirakan bisa dilakukan tindakan sekitar 100 operasi gratis kepada masyarakat,” kata Juniarta.

Sementara, Direktur RSUD Cikalong Wetan Ridwan Abdullah Putra mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, bhakti sosial semacam ini merupakan kali kedua dilaksanakan di RSUD Cikalong Wetan. Sebelumnya, RSUD Cikalong Wetan menjadi tempat kegiatan serupa di tahun 2018.

"Ada sekitar 250 pendaftar dalam acara bhakti sosial operasi katarak ini. Semyanya akan kita lakukan screening mengingat untuk operasi katarak ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi," kata Ridwan.

Pihaknya menyiapkan kamar rawat inap satu malam bagi masyarakat pasien operasi katarak yang lolos dalam tahap screening. Mengingat jumlah pasien yang banyak, proses operasi memerlukan waktu.

"Karena cakupan wilayah kita juga luas. Meliputi Purwakarta, Bandung Barat, Kabupaten Bandung dan Cimahi. Kami mengapresiasi pihak BCA yang menunjuk RSUD Cikalong Wetan sebagai tempat dilaksanakannya bhakti sosial operasi katarak ini," demikian Ridwan.

Hadir dalam acara ini pembukaan tersebut Bupati Bandung Barat Aa Umbara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat Hernawan Widjajanto, Ketua Pelaksana Harian Kick Andy Foundation Ali Sadikin, perwakilan Perdami Jawa Barat Syumarti, dan Direktur RSUD Cikalong Wetan Ridwan Abdullah. [jar]

Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 14:31:46

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad