Berkaca Pada Korea Selatan, Dedi Mulyadi: Indonesia Punya Modal Jadi Bangsa Berperadaban Tinggi

Politik  SELASA, 25 JUNI 2019 , 18:24:00 WIB | LAPORAN: RIZAL FADILLAH

Berkaca Pada Korea Selatan, Dedi Mulyadi: Indonesia Punya Modal Jadi Bangsa Berperadaban Tinggi

Dedi Mulyadi dan Airlangga Hartarto/RMOLJabar

RMOLJabar. Kemajuan industri manufaktur, teknologi, fashion dan hiburan di Korea Selatan didasarkan pada semangat budaya dan kearifan lokal dan penghargaan tinggi mereka terhadap alam dan lingkungannya.

Begitu ditegaskan, Ketua DPD Golkar Jabar Dedi Mulyadi, via ponselnya, Selasa (25/6).

"Paling tidak hal itu harus dicontoh oleh bangsa kita dengan sama-sama menjadikan budaya kearifan lokal , anugerah alam dan lingkungan sebagai modal untuk melahirkan ‎peradaban yang maju," ujar Dedi.

Pada kesempatan itu, Dedi sedang mendampingi Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto yang juga Menteri Perindustrian RI yang sedang berada di Korea Selatan. Pada Rabu (26/6), Airlangga dianugerah doktor honoris causa dari ‎Korea Development Institute (KDI), School of Public Policy and Managemen.

"Korea Selatan dikenal dengan produk alamnya yakni ginseng. Dari ginseng, jadi produk kesehatan dan kecantikan yang produknya dijual dan digemari masyarakat Indonesia. Itu kan bagian dari strategi sekaligus diplomasi budaya‎ dengan menggunakan produk alamnya," ujar Dedi.

Ia meyakini peradaban masyarakat yang maju dibentuk oleh bahasa, makanan, fashion dan teknologi. Kata dia, itulah yang mendasari kemajuan Korea Selatan. Etos kerja masyarakatnya tekun dan kerja keras hingga semangat dan keyakinan terhadap kearifan lokal budaya mereka.

"Dari faktor-faktor itulah mereka melahirkan industri manufaktur yang maju, fashion hingga hiburan, kita mengenalnya K-Pop," ujar dia.

Indonesia kata dia, memiliki semua syarat kemajuan peradaban yang didukung dengan alam dan lingkungan yang sudah dianugerahkan.

"Dengan kearifan lokal yang kita punya, anugerah alam dan lingkungan serta produk-produknya, keragaman makanan, bahasa, kita punya modal besar untuk jadi bangsa dengan peradaban tinggi," ujar dedi.

‎Ia menyinggung soal hubungan Indonesia-Korea Selatan yang sudah terjalin selama lebih dari 45 tahun. Hubungan itu melahirkan kerjasama industri yang sangat dekat sehingga berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi kedua negara.

"Investasi pengusaha Korea Selatan di Indonesia sangat tinggi dengan beragam produknya. Salah satunya garmen, elektronik, teknologi hingga kelengkapan rumah tangga. Begitupun sebaliknya, tenaga kerja Indonesia banyak diserap oleh industri di Korea Selatan," ujar Dedi.

Seperti diketahui, Dedi merupakan mantan Bupati Purwakarta dua periode. Pada Pilkada 2019, ia mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI daerah pemilihan Kabupaten Purwakarta, Karawang dan Bekasi dan berhasil terpilih dengan raihan suara lebih dari 200 ribu.

Selama ini, Dedi selalu fokus membangun Indonesia dengan semangat budaya kearifan lokal. Selain itu, Dedi juga fokus di isu-isu lingkungan dan pertanian berbasis organik karena itu dianggapnya warisan budaya. [yud]



Komentar Pembaca
Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

SENIN, 15 JULI 2019 , 14:53:43

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

JUM'AT, 12 JULI 2019 , 14:15:15

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

KAMIS, 11 JULI 2019 , 17:38:25

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00