Rekonsiliasi Harus Sampai Akar Rumput, Gubernur Jabar Harus Bergerak!

Politik  JUM'AT, 28 JUNI 2019 , 15:23:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Rekonsiliasi Harus Sampai Akar Rumput, Gubernur Jabar Harus Bergerak!

Ilustrasi/Net

RMOL. Rekonsiliasi atau pemulihan kembali persatuan masyarakat indonesia pasca terpolarisasi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, harus terlaksana di seluruh provinsi di Indonesia, tidak terkecuali di Jawa Barat. Demikian disampaikan, Direktur Eksekutif Lingkar Kajian Komunikasi Politik (LKKP) Jawa Barat, Adiyana Slamet saat dihubungi RMOLJabar, Jumat, (28/6).

Adiyana mengatakan, elit politik baik dari kubu Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf maupun Badan Pemenangan Daerah (BPD) Prabowo-Sandiaga di Jawa Barat harus segera melakukan silaturahmi politik, guna meredam tensi politik pasca Pilpres 2019 di Jawa Barat.

Menurutnya, silaturahmi politik antara kedua kubu elit politik di Jawa Barat, bukan lagi untuk kepentingan politik Jokowi dan Prabowo Subianto. Namun, silaturahmi politik tersebut merupakan sebuah kepentingan dalam membangun Jawa Barat lima tahun yang akan datang.

"Ya saya pikir kita tidak bisa menyangsikan bahwa jabar satu provinsi terbesar, polarisasi kemarin juga sangat terasa, yang kemudian saat ini harusnya elit politik yang ada di dua kubu ini melakukan silaturahmi politik untuk mau bagaimana, lagi-lagi kepentingannya bukan lagi untuk pak prabowo maupun pak jokowi, tetapi kepentingannya untuk membangun jabar kedepan," ucap Adiyana.

Selain itu, Adiyana menambahkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selaku pemangku kebijakan, harus menginisiasi sekaligus memfasilitasi pertemuan atau rekonsiliasi dua kubu elit politik tersebut. Pasalnya, kebijakan pemerintah daerah provinsi Jawa Barat dalam lima tahun kedepan, harus seirama atau sejalan dengan elit politik sekaligus wakil rakyat yang ada di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat.

"Apalgi misalnya hasil pileg kemarin, ini dimenangkan oleh gerindra, saya fikir ini harus di inisiasi oleh pak ridwan kamil untuk menyatukan kembali, atau coba mendorong silaturahmi politik semua parpol yang ada di parlemen jabar ini, untuk coba menginisiasi itu dan sama-sama membangun jabar," pungkas Adiyana. [jar]

Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA