KOTA BANDUNG

Tidak Puas Sistem PPDB, Puluhan Orang Tua Siswa Geruduk Pemkot

Peristiwa  RABU, 03 JULI 2019 , 15:27:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Tidak Puas Sistem PPDB, Puluhan Orang Tua Siswa Geruduk Pemkot

Puluhan Orang Tua Siswa Geruduk Pemkot Bandung/RMOLJabar

RMOLJabar. Puluhan orang tua siswa yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli Pendidikan Jawa Barat menggelar aksi di depan Kantor Pemerintah Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Rabu, (3/7).

Puluhan orang tua tersebut menggelar aksi dikarenakan tidak puas akan sistem pembagian zonasi, pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Berdasarkan pantauan RMOLJabar, masa aksi membawa beberapa spanduk berisi tulisan ketidakpuasan akan sistem pendidikan saat ini, satu diantaranya "anak kami tidak terakomodasi, pindahkan sekolah dari wilayah kami".

Ketua Aksi Forum Masyarakat Peduli Pendidikan Jawa Barat Ila Setiawati mengatakan, satu diantara yang menjadi tuntutan pihaknya yaitu, menuntut agar siswa miskin atau RMP dapat difasilitasi di sekolah negeri maupun swasta tanpa dipungut biaya apapun.


"Kami meminta pengganti SKTM sebagai identitas sosial bagi warga yang kurang mampu, untuk diadakan kembali sebagai jaminan pembebasan biaya bagi siswa miskin," ucapnya.

Lanjut Ila, pihaknya banyak menerima keluhan tidak berlakunya SKTM di sekolah negeri pada PPDB 2019. Padahal siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP) merupakan tanggungjawab pemerintah.

"Bagaimana dengan hak anak yang harus sekolah tapi kemudian tidak dapat bersekolah. Kita sudah buat keterangan tidak mampu, tapi kemudian persyaratan itu tidak laku di sekolah," ujarnya.

Selain itu, Ila menegaskan PPDB 2019 menjadi bukti ketidakadilan pemerintah dalam pemerataan pendidikan, serta menjadi kuburan pendidikan bagi seluruh anak bangsa dikarenakan tidak dapat bersekolah.

"Kita berbelasungkawa terhadap kebijakan pemerintah, mana pendidikan yang bisa menunjang kemajuan, ini justru menjadi kuburan bagi pendidikan anak kita, dimana peran pemerintah," pungkasnya. [yud]

Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA