KOTA CIREBON

Relawan Gelemaca Bahu Membahu Kelola Taman Baca Mundu

Ragam  JUM'AT, 05 JULI 2019 , 03:22:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

Relawan Gelemaca Bahu Membahu Kelola Taman Baca Mundu

Ilustrasi/Net

RMOLJabar. Terdapat 10 relawan yang tergabung dalam program dan kegiatan di Taman Baca Ramah Anak Mundu Pesisir gagasan Cirebon Power. Ke-10 relawan itu terdiri dari tokoh masyarakat dan pendidikan.

Hal itu dikemukakan Ketua Komunitas Gerakan Literasi Masyarakat Cirebon (Gelemaca), Lilik Agus Darmawan.

Lilik mengatakan, pengelolaan pembelajaran di Taman Baca yang kini dipercayakan kepada Komunitas Gelemaca, berawal dari hasil browsing pihak Cirebon Power melalui penelusuran di internet.

"(Awalnya) Kami ditemui Pak Yusuf dan Pak Hafidz dari pihak Cirebon Power yang menemukan komunitas kami saat browsing kegiatan literasi. Pihak CP (Cirebon Power) berkenan membuka kegiatan Taman Bacaan di Pesisir," kata Lilik saat ditemui di kawasan Masjid At-Taqwa Cirebon, Kamis (4/7).

Usai pertemuan itu, lanjut Lilik, Gelemaca mempresentasikan semua kegiatan tentang keliterasian di Kota Cirebon yang dikelola Gelemaca. Akhirnya, pihak Cirebon Power (CP) tertarik untuk menggandeng Gelemaca.

"Sehingga kami bekerjasama, CP, Gelemaca dan Pol Airud untuk bersama-sama menggelar literasi di pesisir, sehingga berdirilah taman bacaan anak-anak di Pesisir," jelasnya.

Seiring sejalan, kata Lilik, kegiatan-kegiatan literasi di Taman Baca Pesisir dari kegiatan membaca, berhasil melaksanakan wisudaan. Selama 6 bulan lamanya, anak-anak diberi materi tantangan berupa kebiasaan membaca dalam 1 semester untuk 6 judul buku yang harus mereka selesaikan untuk dibaca.

Mereka didampingi oleh para relawan sebanyak 10 orang baik dari tokoh masyarakat maupun tokoh pendidikan di sekitar Mundu-Pesisir. Di semester pertama, sekitar 144 siswa dari SD dan MI berasal sekitar taman bacaan tersebut.

"Sehingga dalam kegiatan ini, kami beberapa bulan kemarin, bisa mewisuda sebanyak 144 siswa yang tergabung di dalam kegiatan membaca untuk Taman Bacaan Pesisir dengan dipandu 10 relawan," sebutnya.

Tak cukup sampai di situ, metode pembelajaran yang dipakai Komunitas Gelemaca, di antaranya juga ada kegiatan-kegiatan berbentuk atraktif dan demonstratif.

Seperti misalnya, kegiatan Festival Literasi serta lomba-lomba dan sebagainya. Kegiatan itu tentunya untuk memberikan motivasi kepada peserta di Taman Baca.

"Yaitu dengan mengadakan lomba-lomba diantara mereka sendiri. Dibagi ke dalam beberapa kelompok yang juga masih dipandu oleh 10 relawan tersebut. Dari lomba pidato, lomba taushiyah, lomba membaca puisi dan juga lomba memajangkan dari hasil-hasil karya mereka," ucapnya.

Menurutnya, anak-anak yang ada dan sekaligus sebagai generasi awal, begitu kreatif. Semua yang mereka peroleh dari hasil bacaan bisa diwujudkan dalam pameran dan juga festival tersebut.

"Untuk itu, kami ucapkan selamat (pada para wisudawan) dan ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada pihak Cirebon Power dan juga Pol Airud yang bersama-sama kami, bisa membangun semangat literasi di Pesisir dengan Taman Bacaan Anak Pesisir," pungkasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Hadiri Peringatan HANI 2019

Hadiri Peringatan HANI 2019

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 04:46:00

Jokowi Dan Trump Berbincang

Jokowi Dan Trump Berbincang

SABTU, 29 JUNI 2019 , 14:47:00

Jaga Kebersihan Pantai

Jaga Kebersihan Pantai

SABTU, 22 JUNI 2019 , 16:42:00