Pengamat: Demokrat Dan PAN Tidak Terlalu Penting, Koalisi Jokowi Sudah Kuat

Politik  SABTU, 06 JULI 2019 , 14:56:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Pengamat: Demokrat Dan PAN Tidak Terlalu Penting, Koalisi Jokowi Sudah Kuat

Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago/Net

RMOLJabar. Kode yang belakangan ini dilakukan oleh Partai Demokrat dan PAN untuk bisa merapa ke pemerintahan diyakini akan sulit terwujud. Pasalnya, partai koalisi Jokowi-Maruf sudah sangat kuat di parlemen, dan sangat cukup dalam mengisi kabinet.

Begitu diungkapkan pengamat politik yang juga Direktur Voxpoll Center and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago dalam acara diskusi publik bertajuk "Ribut Rebut Kursi Menteri" di kawasan Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (5/7).

"Sebetulanya Demokrat dan PAN (di kabinet) tidak terlalu penting. Sebab sudah kuat koalisi pak Jokowi dan KH. Maruf Amin," kata Pangi, dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL.

Sebab, sebut Pangi, partai-partai yang ada di koalisi Jokowi-Maruf pasti meminta jatah menteri. Terlebih, PDIP, Golkar, Nasdem, PPP, PKB, Hanura, PSI, Perindo dan PKPI sudah berjuang sejak awal.

"Orang lain (Demokrat dan PAN) tidak berjuang, terus ada yang berdarah-darah untuk pak Jokowi apakah mereka (parpol koalisi Jokowi-Maruf) nyaman?" ungkapnya.

Namun demikian, lanjut Pangi, Jokowi bisa saja menampung Demokrat dan PAN, karena koalisi itu tidak hanya berbicara menteri. Power sharing bisa dilakukan di legislatif juga termasuk jabatan dutabesar atau di BUMN.

Selain Pangi, hadir sejumlah narasumber dalam diskusi tersebut yakni politisi PKB Daniel Johan, politisi PDIP Zuhairi Misrawi, politisi Perindo Ricky K. Margono, politisi Golkar Meutia Hafid, ekonom INDEF Enny Sri Hartati dan kader HMI Saddam Aljihad. [yud]


Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA