Lapas Kelebihan Kapasitas, Irjen Kemenkumham Sarankan Remisi Bagi Napi Narkoba

Hukum  SENIN, 08 JULI 2019 , 17:23:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Lapas Kelebihan Kapasitas, Irjen Kemenkumham Sarankan Remisi Bagi Napi Narkoba

Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkumham, Jhoni Ginting/RMOLJabar

RMOLJabar. Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkumham, Jhoni Ginting mengatakan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012 perlu direvisi atau disempurnakan.

Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan, guna mengurangi kelebihan kapasitas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan), agar tidak didominasi oleh warga binaan kasus narkoba.

"(Warga binaan narkoba) tidak bisa mendapat remisi dikarenakan adanya PP Nomor 99 ini, ini kita sarankan untuk segera di sempurnakan. Biar bisa dapet remisi," ucap Jhoni di SOR Arcamanik, Kota Bandung, Senin, (8/7).

Jhoni memaparkan, dalam PP Nomor 99 Tahun 2012 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan, ada tiga kategori warga binaan yang tidak mendapatkan hak remisi yaitu kasus korpusi, terorisme dan narkoba.

Berdasarkan data yang dimilikinya, Jhoni menyebutkan, saat ini 60 persen penghuni Lapas dan Rutan di Jawa Barat adalah warga binaan kasus narkoba. Oleh karena itu, seharusnya warga binaan dengan kasus narkoba, harusnya dapat menerima remisi. Hal tesebut dimaksudkan, agar terjadi efisiensi penghuni Lapas dan Rutan di Jawa Barat.

"Jadi memang kasus narkoba ini jumlahnya 60 persennya. Jadi kita mendorong remisi itu, agar mengurangi jumlah warga binaan," ujar Jhoni.

Selanjutnya, Jhoni menyarankan untuk mengantisipasi kelebihan kapasitas, warga binaan dengan kasus narkoba dan dikategorikan hanya sebagai pemakai, lebih baik direhabilitasi. [muhammad machally/son]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad
Latma CT CPX TNI-SAF Berakhir

Latma CT CPX TNI-SAF Berakhir

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 11:18:00