Dinkes Kota Cirebon Kekosongan PPID

Pemerintahan  SELASA, 09 JULI 2019 , 19:06:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

Dinkes Kota Cirebon Kekosongan PPID

Ilustrasi PPID/Net

RMOLJabar. Hak setiap orang untuk mendapatkan informasi dilindungi UU. Oleh karenanya, hak memperoleh informasi menjadi hak asasi manusia. Informasi itu bisa mencakup semua bidang, termasuk bidang Kesehatan.

Namun, tidak demikian dalam pengelolaan dan penyelenggaraan bidang kesehatan di Kota Cirebon. Pasalnya, OPD yang menangani khusus bidang kesehatan, yakni Dinas Kesehatan, sedang mengalami kekosongan jabatan.

Jabatan itu menjadi posisi strategis bagi masyarakat untuk dapat mengakses informasi berkenaan dengan kesehatan. Jabatan Sekretaris Dinas Kesehatan, satu-satunya posisi yang diberi kewenangan penuh oleh Pemerintah Daerah untuk mengatur dan mengelola keterbukaan publik di bidang Kesehatan.

"Sedang alami kekosongan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi). Sementara PPID ini yang mengelola Sekretaris (Sekdis)," kata Kasubag Humas Dinkes Kota Cirebon, Hartini saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (9/7).

Keterbukaan informasi hal yang sakral bagi masyarakat. Sebab, keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

PPID satu-satunya jabatan struktural Pemda Kota Cirebon di setiap OPD yang menangani keterbukaan informasi publik merupakan sarana mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan Badan Publik lainnya.

"Belum tahu, sampai kapan (kekosongan ini)," kata Wanita yang karib dipanggil Bu Tini ini.

Hingga berita ini ditulis, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Edy Sugiarto, saat dikonfirmasi melalui pesan elektronik belum memberikan keterangan lebih lanjut terkait kekosongan jabatan tersebut.

Untuk diketahui, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 117/KEP/M.KOMINFO/03/2010 tentang Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatur bahwa salah satu tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) adalah menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi. [gan]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Hadiri Peringatan HANI 2019

Hadiri Peringatan HANI 2019

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 04:46:00

Jokowi Dan Trump Berbincang

Jokowi Dan Trump Berbincang

SABTU, 29 JUNI 2019 , 14:47:00

Jaga Kebersihan Pantai

Jaga Kebersihan Pantai

SABTU, 22 JUNI 2019 , 16:42:00