JAWA BARAT

Penyelundupan 169 Kilogram Ganja Kering Asal Aceh Digagalkan

Hukum  KAMIS, 11 JULI 2019 , 11:58:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Penyelundupan 169 Kilogram Ganja Kering Asal Aceh Digagalkan

Pengungkapan ganja asal Aceh/RMOLJabar

RMOLJabar. Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Barat berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 169 kilogram ganja kering asal Aceh, yang akan diedarkan di wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Kepala BNNP Jawa Barat Sufyan Syarif memaparkan, pengungkapan tersebut berawal dari sebuah dugaan petugas BNNP terhadap sebuah minibus di wilayah Banten. Selanjutnya petugas membuntuti minibus tersebut hingga memasuki wilayah Depok.

Setelah memasuki wilayah Depok, petugas BNNP Jabar memberhentikan mobil tersebut dan mulai melakukan pemeriksaan dengan menurunkan dua anjing pelacak atau tim K9. Hasilnya, dua anjing pelacak menemukan barang haram tersebut di dalam bagasi.

"Saat itu kita lakukan eksekusi. Kita dapati ada 169 kilogram ganja. Asalnya ini dari Aceh," ucap Kepala BNN Jawa Barat Sufyan Syarif di kantor BNN Jabar Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Kamis (11/7).

Dalam pengungkapan tersebut, petugas mengamankan satu orang pengumdi berinisial ID alias I. Berdasarkan pengakuan ID ke petugas BNNP Jabar, dirinya mengaku mengambil barang atas instruksi dari seseorang atau sebagai kurir, dengan diberi upah Rp100 ribu/kilogram.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih dalam terhadap pelaku ID, Sufyan menyebutkan, petugas BNNP mendapati dua nama pelaku lagi yang turut serta dalam upaya penyelundupan ganja kering tersebut.

"Jadi dia ngambil barang di suatu tempat kemudian mau dikirimkan lagi. Hasil pemeriksaan dan pengembangan kita dapat dua nama lagi yang saat ini berstatus DPO. Inisialnya K dan HH," papar Sufyan.

Sufyan menambahkan, pengungkapan dengan melibatkan anjing pelacak ini merupakan yang pertama dilakukan BNNP Jabar.

"Peran K9 ini sangat membantu di lapangan selain alat-alat tes di lapangan yang kita pakai," pungkasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00