DPRD Jabar Kaji Pembebasan Biaya Pengobatan Kesehatan Jiwa

Politik  KAMIS, 11 JULI 2019 , 20:46:00 WIB | LAPORAN: DINNI KAMILANI

DPRD Jabar Kaji Pembebasan Biaya Pengobatan Kesehatan Jiwa

Foto: DPRD Jabar

RMOLJabar. Setiap tahunnya sekitar 2.000 pasien melakukan rawat inap, dan sekitar 35.000 pasien melakukan rawat jalan di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat. Jumlah tersebut cukup besar sehingga pelayanan yang harus diberikan pun cukup banyak.

Seperti diketahui, untuk biaya pengobatan kesehatan jiwa tidaklah murah, oleh karenanya DPRD Jabar melalui Panitia Khusus IV DPRD Provinsi Jawa Barat akan mengkaji terkait usulan pembebasan biaya kesehatan jiwa bagi Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK), dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Provinsi Jawa Barat.

"Kita ingin memasukan hal ini dalam Raperda, kalau bisa digratiskan secara total kita gratiskan,” ucap Ketua Pansus IV DPRD Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanady, dalam rilis yang diterima Kantor Berita RMOLJabar, Kamis (10/7).

"Kita ingin tak cuma mengurangi tapi menyembuhkan orang dari penyakit yang luar biasa. Kita ingin (mereka) sehat seperti sediakala, tetapi hal tersebut membutuhkan biaya," sambung Daddy.

Lebih lanjut Daddy menegaskan, pihaknya ingin dari pasal perpasal dalam Raperda tersebut dapat disempurnakan.

"SDM harus dibenahi, kemudian pembiayaan gratis mutlak, dan urusan lain-lainnya akan coba kita bicarakan. Untuk selanjutnya kita akan gali lebih dalam sehingga kajiannya akan lebih komprehensif," tandasnya. [aga]

Komentar Pembaca
Tidak Ada Tindakan Tegas, Perekonomian Bisa di Bawah 5 Persen
Pencuri di Semarang Hanya Butuh 10 Detik Gasak Motor
PKS Konsisten Oposisi

PKS Konsisten Oposisi

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 14:43:03

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad
Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA