KBB Belum Punya Makam Khusus Bupati

Pemerintahan  SELASA, 16 JULI 2019 , 03:57:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

KBB Belum Punya Makam Khusus Bupati

Aa Umbara Sutisna/Net

RMOLJabar. DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengusulkan agar KBB memiliki lahan pemakamam khusus bagi mendiang para bupati maupun tokoh yang dinilai berjasa pada terbentuknya KBB.

Ketua Komisi IV, DPRD Kabupaten Bandung Barat Iwan Ridwan mengusulkan perlunya tempat pemakaman khusus untuk Bupati Bandung Barat. Ini sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa selama memimpin Bandung Barat.

"Idealnya Pak Abubakar juga dimakamkan di makam pahlawan atau makam khusus bupati. Beliau itu adalah bupati pertama yang menjadi peletak dasar pemerintahan Bandung Barat," kata Iwan di Padalarang, Senin (15/7).

Menurut dia, idealnya mantan Bupati Bandung Barat Abubakar dimakamkan di tempat pemakaman khusus bagi bupati atau tokoh Bandung Barat. Namun, kemarin almarhum Abubakar dimakamkan di pemakaman keluarga.

"Terlepas dari itu permintaan keluarga atau bukan, yang jelas harus sudah dipikirkan dari sekarang perlu adanya makam khusus buat bupati. Sehingga nantinya, setiap ada peringatan 17 Agustus, peringatan Hari Jadi Kabupaten Bandung Barat dan Hari Pahlawan menjadi tempat ziarah dan tabur bunga," kata politisi dari PDI Perjuangan ini.

Sebenarnya, Kabupaten Bandung Barat memiliki Taman Makam Pahlawan Tak Dikenal yang berlokasi di Kampung Warung Pulus, Desa Batujajar Barat, Kecamatan Batujajar. Makam pahlawan ini memiliki luas sekitar 600 meter persegi.

"Kan Bupati Bandung juga memiliki makam khusus. Sehingga kalau dilaksanakan peringatan Hari Jadi Kabupaten Bandung ada agenda tabur bunga, begitupun setiap Hari Pahlawan. Pokoknya akan lebih terperhatikan dan terawat," ujarnya.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna menyambut baik usulan adanya makam khusus bagi bupati. Namun, kata dia, implementasinya bisa diperluas. Bukan hanya makam bagi bupati, tapi bisa saja bagi para pendiri KBB atau mereka yang punya jasa terhadap KBB, seperti dari kalangan masyarakat yang mampu mengharumkan nama KBB atau membuat karya yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

"Saya sependapat, harus dicarikan lahan khusus. Jadi nantinya bisa jadi ikon untuk dilakukan tabur bunga saat hari-hari bersejarah mengenang perjuangan orang-orang yang berjasa bagi KBB," ucapnya. [gan]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Hadiri Peringatan HANI 2019

Hadiri Peringatan HANI 2019

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 04:46:00

Jokowi Dan Trump Berbincang

Jokowi Dan Trump Berbincang

SABTU, 29 JUNI 2019 , 14:47:00

Jaga Kebersihan Pantai

Jaga Kebersihan Pantai

SABTU, 22 JUNI 2019 , 16:42:00