TPS Mobile Menjadi Cara Pemkot Cirebon Atasi Permasalahan Sampah

Pemerintahan  SELASA, 16 JULI 2019 , 12:33:00 WIB | LAPORAN: SYAH RONI

TPS Mobile Menjadi Cara Pemkot Cirebon  Atasi Permasalahan Sampah

Soepriyatno/RMOLJabar

RMOLJabar. Berangkat dari keluhan warga karena bau tak sedap yang ditimbulkan oleh sampah di beberapa TPSS, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon berjanji akan lakukan penutupan dan menerapkan TPS Mobile.

Soepriyatno selaku Kepala Bidang (Kabid) Persampahan Dinas Lingkungan Hidup mengatakan pihaknya akan mengambil langkah terkait permasalahan sampah yang selama ini banyak dikeluhkan dengan menutup TPSS yang ada.

Segera kami tutup TPSS yang membuat kumuh Kota Cirebon, ada tiga TPSS yang akan ditutup Permanen”, ungkapnya, Senin (16/7) kemarin.

Namun, lanjut Soepriyatno, pihaknya akan melakukan penutupan secara permanen jika armada pengangkut sampah sudah tersedia.

Kami siap mengeksekusi penutupan TPSS setelah menerima armada baru, InsyaAllah bulan depan kami menerima empat tambahan armada dari KLH dan Pemkot Cirebon,” ujar Yanto

Di tempat yang berbeda, Wati Herawati selaku Wakil Wali Kota Cirebon menuturkan, pihaknya akan melakukan terobosan dalam pengelolaan sampah di kota Cirebon, salah satunya dengan menutup TPSS yang ada secara bertahap dan memberlakukan TPS Mobile di 17 RW.

Saat ini yang sudah berjalan TPS Mobile di Kelurahan Kesambi. Tentu TPS Mobil akan kami terapkan secara luas di wilayah Kota Cirebon bila efektif dan tepat penggunaannya termasuk Kelurahan Pegambiran,” ungkap Eti usai hadiri rapat bersama 17 RW kelurahan Pegambiran di salah satu Hotel di jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Senin (15/7) malam.

Dikatakan Eti, sejauh ini baru di kelurahan Kesambi yang sudah menerapkan TPS mobile sebagai percontohan yang nantinya dapat diikuti oleh RW lainnya. Lanjut Eti, pihaknya masih mengkaji lebih jauh terkait pengadaan alat pengangkut sampah termasuk armada.

Namun kami masih sedang mencari system terbaik yang dapat memecahkan persoalan sampah ini. Selama ini baru di Kelurahan Kesambi sudah berjalan TPS Mobile sehingga dapat menjadi wilayah percontohan,” ujar Eti.

Eti menambahkan, permasalahan sampah dapat diatasi bila melibatkan beberapa pihak yang di antaranya masyarakat dan beberapa perusahaan. Sejauh ini, ada dua perusahaan yang turut berpartisipasi dalam permasalahan sampah dan pengelolaannya.

Kami sangat gembira ada beberapa perusahaan yang terlibat aktif, antara lain PT. Comfeed dan PT Jaffa dalam mewujudkan Cirebon lingkungan yang bersih,” tambah Eti.[son]




Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Hadiri Peringatan HANI 2019

Hadiri Peringatan HANI 2019

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 04:46:00

Jokowi Dan Trump Berbincang

Jokowi Dan Trump Berbincang

SABTU, 29 JUNI 2019 , 14:47:00

Jaga Kebersihan Pantai

Jaga Kebersihan Pantai

SABTU, 22 JUNI 2019 , 16:42:00