Kembangkan Potensi Startup Bandung, Empat Stakholder Terkemuka Berkolaborasi

Ekbis  KAMIS, 18 JULI 2019 , 03:34:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Kembangkan Potensi Startup Bandung, Empat Stakholder Terkemuka Berkolaborasi

Foto/RMOLJabar

RMOLJabar. Empat entitas terkemuka dari stakeholder ekosistem startup di Bandung yaitu Thegreaterhub SBM ITB, Startup Bandung, Startup Grind Bandung, dan Geek Hunter berkolaborasi menyelenggarakan 'Bandung Startup Pitching Day 2019' di Aula Timur Institut Teknologi Bandung, Rabu (17/7).

Direktur The Greater Hub SBM ITB, Dina Dellyana mengatakan, latar belakang kegiatan tahunan ini, didasari dalam rangka meningkatkan dan menumbuhkan ekosistem startup di Bandung, lalu bertambahnya jumlah startup yang memerlukan pendanaan namun akses terbatas, serta sebagai ajang exposure terkait potensi startup di Bandung serta kota-kota kecil di sekitarnya.

"Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk memberikan peluang pitching bagi startup tahap awal yang siap tumbuh lebih cepat serta memfasilitasi startup yang berdomisili di Bandung dan sekitarnya yang belum pernah bertemu Investor sebelumnya," ucap Dina.

Selain itu, Lanjut Dina, dalam peranannya, kini dan masa mendatang, pengembangan startup mampu menciptakan solusi untuk permasalahan manusia. Startup baru, diyakini akan lebih banyak lagi solusi yang terpecahkan.

"Pada akhirnya, manfaat dari startup ini untuk membantu permasalahan yang dialami masyarakat, juga permasalahan di masa mendatang," ujarnya.

Thegreaterhub SBM ITB sendiri berkolaborasi dengan komunitas Startup Bandung yang sudah berdiri sejak tahun 2015 dengan anggota lebih dari 100 startup yang berdomisili di Bandung.

Kemudian dengan Startup Grind Bandung sebagai komunitas startup tingat global di bawah program #GoogleForEntrepreneur yang sudah memiliki cabang di lebih 250 kota yang tersebar di 100 negara, salah satunya di Bandung. Lalu dengan Geek Hunter sebagai startup perekrutan kerja khusus IT terkemuka asal Bandung yang berdiri sejak Juli 2013.

Bukan hanya itu, kegiatan ini dirancang sebagai platform pembelajaran untuk para pemuda, penggemar dunia startup, dan wirausaha baru. Apalagi kegiatan tahunan ini juga sekaligus ajang networking antara sesama startup, venture capital, tamu undangan, dan masyarakat luas.

Penggiat startup diharapkan bisa mendapatkan akses yang lebih luas dan dekat dengan dunia investor startup,” pungkasnya.

Perlu diketahui, kegiatan tersebut menampilkan pitching session dari 25 startup yang telah lolos seleksi dimana mereka akan diberikan waktu lima menit untuk pitching dan lima menit untuk tanya jawab dengan Investor.

Dari 135 startup yang mendaftarkan diri, terpilih 25 startup early growth stage terbaik yang memiliki ide-ide futuristik dalam memberikan solusi bisnis bagi Indonesia antara lain dari kategori FinTech, EdTech, Legal, Internet of Things (IoT), BioTech, Travel, dan Online Media.

Adapun 25 startup itu adalah HaloFina, Fammi, Marlin Booking, Eduka System, Luar Sekolah, Kliktrip, Listriku.id, Reflex, Micepedia, SimpliDOTS, Lingkaran, Pinisi - Edubox, Hear Me, Launcher.id, Siap Belajar, Proyekin.com, Zafato, Chatbiz.id, Duniatambang.co.id, Cause Virtual Run, Sportigo, Waroong, Mandala - Netrada, Ceklab, dan eLarvae.

Sementara Investor yang berasal dari 16 Venture Capital (VC) dalam dan luar negeri yang akan hadir dalam acara ini yaitu Alpha JWC Ventures, Alpha Momentum, ANGIN, DNC (Discoverry Nusantara Capital), East Ventures, Everhaus, Ficus, MDI Ventures, Openspace Ventures, Prasetia Ventura, Salim Group, Venturra Discovery, Wavemaker, Finch Capital, UMG Idealab, dan Coffee Ventures. [aga]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Hadiri Peringatan HANI 2019

Hadiri Peringatan HANI 2019

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 04:46:00

Jokowi Dan Trump Berbincang

Jokowi Dan Trump Berbincang

SABTU, 29 JUNI 2019 , 14:47:00

Jaga Kebersihan Pantai

Jaga Kebersihan Pantai

SABTU, 22 JUNI 2019 , 16:42:00