KABUPATEN BEKASI

Besok, Legislator Bakal Gelar Paripurna Tata Cara Pemilihan Wabup

Politik  KAMIS, 18 JULI 2019 , 14:06:00 WIB | LAPORAN: SEPRIYANTO

Besok, Legislator Bakal Gelar Paripurna Tata Cara Pemilihan Wabup

Sunandar/Net

RMOLJabar. DPRD Kabupaten Bekasi mulai mempersiapkan tata cara pemilihan Wakil Bupati Bekasi. Saat ini pimpinan dewan tengah menggelar rapat pimpinan dewan untuk mempersiapkan rapat paripurna tata cara pemilihan, Kamis (18/7).

Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Sunandar mengungkapkan, pelaksanaan pemilihan Wakil Bupati Bekasi di DPRD Kabupaten Bekasi belum diketahui apakah dilakukan secara terbuka atau tertutup. Teknis pemilihan tersebut akan dirapatkan kembali oleh panitia pemilihan (Panlih).

Saat rapat panlih beberapa waktu lalu, lanjut Sunandar, ada beberapa yang mengusulkan agar pemilihan dilakukan secara terbuka. Tapi tidak sedikit juga yang menyarankan agar dilakukan secara tertutup.

"Di pemilihan ini masing-masing punya hak. Tapi yang paling penting apakah mereka (anggota dewan) berani? Jadi belum ada keputusan apakah terbuka atau tertutup. Kalau menurut saya sih serahkan ke fraksi saja,” katanya.

Sunandar membantah jika dikatakan bakal ada intervensi dari masing-masing anggota dewan jika pemilihan dilakukan secara terbuka.

"Dulu kan waktu zamannya Pak Wikanda dan Pak Saleh Manaf dilakukan pemilihan secara terbuka. Tapi wajar kalau partai mengarahkan anggota dewannya untuk memilih salah satu kandidat. Kalau membelot ya berarti tidak patuh,” ungkapnya.

Hal senada dikemukakan Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Bupati Bekasi, Yudhi Darmansyah. Menurutnya, mekanisme pemilihan terbuka dan tertutup masih belum dapat diputuskan sebelum adanya paripurna.

"Paripurna tata tertib pemilihan Wabup diagendakan besok, hari Jumat (19/7). Di Paripurna inilah nanti akan jelas diputuskan apakah mekanisme pemilihan akan dibuat sistem terbuka atau tertutup," ungkapnya.

Bilamana pemilihan digelar secara tertutup, lanjut Yudhi, maka DPRD Kabupaten Bekasi harus menyiapkan perangkat pemilihan seperti kotak suara, kertas suara, tinta dan lainnya. Sementara, bila dilaksanakan secara terbuka maka tidak perlu menyiapkan perangkat tersebut.

"Kalau tertutup ya kita harus siapkan semua perangkat pemilihannya termasuk kotak suara dan kertas suara, 50 anggota DPRD harus nyoblos. Sementara kalau terbuka ya gak perlu begituan. Tinggal tunjuk tangan aja misalnya pilih si A atau si B nya," jelasnya.

Mengingat tenggat waktu yang dimiliki DPRD Kabupaten Bekasi periode ini, hanya sampai tanggal 23 Juli 2019 untuk melaksanakan pemilihan, maka pihaknya menyarankan agar rekomendasi cawabup yang diserahkan Bupati Bekasi sebelum tanggal yang ditentukan.

"Kalau mau tepat waktu yang kalau bisa diserahkan rekomendasinya ke dewan sebelum waktunya, kalau belum ada juga ya yang milih dewan periode mendatang," tutupnya. [gan]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Hadiri Peringatan HANI 2019

Hadiri Peringatan HANI 2019

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 04:46:00

Jokowi Dan Trump Berbincang

Jokowi Dan Trump Berbincang

SABTU, 29 JUNI 2019 , 14:47:00

Jaga Kebersihan Pantai

Jaga Kebersihan Pantai

SABTU, 22 JUNI 2019 , 16:42:00