KOTA CIREBON

PAN Sebut Rekonsiliasi Tak Berdampak Pada Penyusunan AKD

Politik  SABTU, 20 JULI 2019 , 21:49:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

PAN Sebut Rekonsiliasi Tak Berdampak Pada Penyusunan AKD

Dani Mardani/RMOLJabar

RMOLJabar. Rekonsiliasi antara Capres 01 dan 02, Joko Widodo dengan Prabowo Subianto turut mencairkan suhu politik di tingkat daerah. Pertemuan kedua tokoh bangsa ini, mampu menyejukkan temperatur perhelatan demokrasi kalangan akar rumput.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kota Cirebon, Dani Mardani menuturkan, bahwa dinamika politik masing-masing partai akan kembali normal. Perbedaan pilihan dan bahkan sempat memanas saat itu, kembali surut dan mempererat tali persatuan. Sehingga tidak ada lagi klaim pendukung 01 maupun 02.

"Tapi yang jelas, saya berkeyakinan, kita sepakat insya Allah mudah-mudahan tidak ada lagi pembahasan atau semacam polarisasi partai pendukung 01 maupun 02," kata Dani Mardani di Hotel Santika Kota Cirebon, Sabtu (20/7).

Ketua PAN ini kembali terpilih menjadi Anggota DPRD Kota Cirebon untuk periode 2019-2024. Sebelumnya dan hingga sekarang masih menjabat sebagai Sekretaris Komisi I DPRD Kota Cirebon.

Dani berkeyakinan, polarisasi 2 kubu di Pilpres 2019 mencair pasca rekonsiliasi kedua pasangan calon. Dan, untuk penyusunan Alat Kelengkapan DPRD (AKD) pun akan berjalan sesuai mekanisme permusyawaratan, dan tidak terpengaruhi oleh perbedaan politik di Pilpres lalu.

Meski pada Pemilu 2014 lalu, sempat terjadi gelombang besar di parlemen menjadi Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dan Koalisi Indonesia Maju (KIM), manurut Dani, itu tidak terjadi lagi di Pemilu 2019 ini.

Bukan tanpa sebab, Dani mengatakan, lembaga DPRD bukan saja lembaga legislatif melainkan juga lembaga atau unsur penyelenggara pemerintahan. Sebab, berdasar aturan perundang-undangan nomor 23 tahun 2014 disebutkan tentang pemerintahan daerah. Olehnya, penggunaan istilah oposisi dan koalisi sudah tidak relevan setelah ada keputusan resmi tentang penetapan sebagai Anggota DPRD.

"Kita tidak mengenal istilah oposisi atau tidak oposisi (lagi)," kata Dani.

"Terutama dalam kaitan penetapan Alat Kelengkapan DPRD. Jadi kita cair di sini," tambahnya.

Dani menegaskan, keberhasilan Pemerintah Daerah menjadi tolak ukur bagi kinerja DPRD. Alasannya, karena DPRD juga sebagai unsur penyelenggara pemerintahan.

"Artinya keberhasilan Kepala Daerah, Pemerintahan Daerah di Kota Cirebon ini ya, tentu kami sebagai unsur penyelenggara pemerintahan, turut ikut menentukan. Jadi gagalnya pemerintah daerah, ya gagalnya kami sebagai unsur penyelenggara pemerintahan di Kota Cirebon. Berhasilnya pemerintah daerah berarti berhasilnya kami juga," jelasnya.

"Jadi tidak ada oposisi dan polarisasi partai pendukung 01 maupun 02," imbuh Dani.

Bagi Dani, yang terpenting adalah bagaimana lembaga DPRD di Kota Cirebon ini mampu menjalankan tugas dan fungsinya secara kelembagaan. Bukan lagi terjebak fenomena politik akibat kontestasi Pilpres kemarin.

"Saya yakin pada saat nanti kita sudah dilantik, membentuk alat kelengkapan, kita akan pada satu paradigma bagaimana kita berupaya untuk melakukan penguatan secara kelembagaan. Sehingga fungsi lembaga DPRD sebagai lembaga penyusunan dan pembentukan peraturan perundang-undangan, anggaran dan pengawasan menjadi lebih kuat," pungkasnya. [aga]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Hadiri Peringatan HANI 2019

Hadiri Peringatan HANI 2019

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 04:46:00

Jokowi Dan Trump Berbincang

Jokowi Dan Trump Berbincang

SABTU, 29 JUNI 2019 , 14:47:00

Jaga Kebersihan Pantai

Jaga Kebersihan Pantai

SABTU, 22 JUNI 2019 , 16:42:00