Sampah Kembali Hiasi Tiap Sudut Jalan Di Kabupaten Bandung

Ragam  MINGGU, 21 JULI 2019 , 13:45:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Sampah Kembali Hiasi Tiap Sudut Jalan Di Kabupaten Bandung

Sampah berserakan di Jalan Kabupaten Bandung/RMOLJabar

RMOLJabar. Timbunan sampah kembali menghiasi hampir tiap sudut jalan di wilayah Kabupaten Bandung. Kondisi ini pun menjadi salah satu pemandangan yang tak pernah hilang terutama saat memasuki akhir pekan.

Seperti pantauan Kantor Berita RMOLJabar saat menyusuri sejumlah ruas jalan utama maupun desa Minggu (21/7) siang. Nampak sampah yang sudah menggunung dibiarkan berserakan tanpa dibersihkan oleh petugas.

Seperti yang terlihat di Jalan Kopo Sayati (Margahayu). Dilokasi tersebut timbunan sampah organik yang telah bercampur dengan sampah anorganik menumpuk dan memanjang beberapa meter di ruas jalan.

Penelusuran di lapangan di sepanjang ruas jalan lain pun sampah tak tersentuh tim pembersih DLH. Diantaranya, Jalan Raya Soreang- Banjaran, Jalan Raya Banjaran- Dayeuhkolot, Jalan Raya Baleendah.

Beberapa masyarakat Kabupaten Bandung pun mengaku heran dengan lambatnya kinerja pemerintah khususnya instansi yang bertanggung menata lingkungan. Seperti yang diungkapkan Muhamad Ridwan, 45.

"Tumpukan sampah yang dibiarkan di tiap ruas jalan selalu berulang. Kemana sih petugas kebersihan? Di Kabupaten Bandung lambat, beda di bandingkan dengan Kota Bandung tim kebersihannya cepat," ujarnya.

Warga Kopo-Sayati itu pun menilai bila penanganan sampah diwilayahnya buruk dan program yang digulirkan Pemkab Bandung melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat hanya sebatas seremonial.

Solehudin, 43, menyebut selain lambat penanganan kehadiran Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) dibeberapa titik masih kurang. Sehingga wajar jika sampah kini menumpuk bukan pada tempatnya.

Saat hendak meminta konfirmasi perihal banyaknya tumpukan sampah diruas jalan, pihak DLH Kabupaten Bandung selaku instansi yang mengelola dan menangani lingkungan masih sulit untuk dihubungi. [yud]


Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Hadiri Peringatan HANI 2019

Hadiri Peringatan HANI 2019

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 04:46:00

Jokowi Dan Trump Berbincang

Jokowi Dan Trump Berbincang

SABTU, 29 JUNI 2019 , 14:47:00

Jaga Kebersihan Pantai

Jaga Kebersihan Pantai

SABTU, 22 JUNI 2019 , 16:42:00