KNPI Jabar Inventarisir Kader Maju Pilkades

Politik  KAMIS, 01 AGUSTUS 2019 , 07:51:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

KNPI Jabar Inventarisir Kader Maju Pilkades

Rio F. Wilantara/RMOLJabar

RMOLJabar. DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Barat tengah menginventarisasi pengurus KNPI yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di berbagai daerah.

Mereka akan diberikan pembekalan tentang pengelolaan desa, sehingga ketika terpilih menjadi kepala desa sudah siap menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

Ketua DPD KNPI Jawa Barat Rio F. Wilantara usai menghadiri peringatan hari lahir (harlah) ke-46 KNPI tingkat Kabupaten Bandung Barat di Gedung HBS Cimareme, Rabu (31/7), pihaknya juga mendorong keluarga besar KNPI untuk mencalonkan diri pada Pilkades Serentak.

"Kita akan lakukan inventarisasi pengurus KNPI yang akan maju dalam  pilkades. Kita harus berikan pembekalan terkait ilmu pemerintahan, manajeman anggaran dan hal-hal lainnya. Ini bisa menjadi bekal ketika mereka terpilih menjadi kepala desa," kata Rio.

Seperti diketahui, di Kabupaten Bandung akan digelar 199 pilkades, sedangkan di Kabupaten Bandung Barat akan menggelar 122 pilkades. Belum ditambah kabupaten lain di Jawa Barat.

Menurutnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun memberikan dukungan secara moril kepada pemuda ikut ambil bagian dalam pilkades. Dalam hal ini pemuda harus menjadi subjek dengan terlibat dalam politik praktis.

"Melalui gerakan bersama membangun desa, kita dorong pemuda yang tergabung dalam KNPI maju sebagai calon kepala desa dan bersama-sama membangun desa. Bagaimanapun juga desa harus berkonstribusi bagi kabupaten, provinsi sampai nasional. Disinilah peran pemuda dibutuhkan, ketika dulu memperjuangkan kemerdekaan sekarang perjuangannya dalam membangun bangsa ini," paparnya.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Bandung Barat Lili Supriatna, mendukung penuh pengurus organisasi kepemudaan dan KNPI ikut ambil bagian dalam pilkades. Banyak pengurus dan kader KNPI yang mumpuni pantas menjadi kepala desa.

"Karena sudah memiliki pengalaman berorganisasi jadi tidak akan terlalu sulit ketika mereka memimpin desa. Saya berharap ketika desa dipimpin oleh seseorang yang visioner dan profesional dalam mengelola pemerintahan desa akan memberikan kemajuan pada desa tersebut," harapnya.

Anggota DPR RI terpilih asal Bandung Barat, Rian Firmansyah mengatakan, generasi muda dinilai telah menjadi konseptor, sekaligus inisiator berkembangnya ekonomi kreatif di Indonesia. Pemuda bisa memanfaatkan berbagai ide dan gagasan yang dimilikinya terkait ekonomi kreatif untuk memberdayakan masyarakat agar lebih fokus.

"Isu tentang kepemudaan ini akan kita bawa ke tingkat nasional. Saya menginginkan dibuka ruang seluas-luasnya bagi pemuda dalam berbagai aspek pembangunan," kata Rian. [gan]

Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 14:31:46

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad