KOTA CIREBON

DPPKP Temukan Hewan Qurban Belum Memenuhi Persyaratan

Pemerintahan  KAMIS, 01 AGUSTUS 2019 , 22:44:00 WIB | LAPORAN: SYAH RONI

DPPKP Temukan Hewan Qurban Belum Memenuhi Persyaratan

Iin Inayati/RMOLJabar

RMOLJabar. Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPPKP) kota Cirebon melakukan sidak. Ditemukan beberapa hewan qurban yang belum memenuhi syarat untuk dijadikan qurban.

Kabid DPPKP kota Cirebon, Iin Inayati mengungkapkan. pihaknya akan menyisir semua pedagang hewan qurban yang ada di kota Cirebon.

"Kami akan lakukan pemeriksaan hingga tanggal 14 Agustus mendatang," ujar Iin usai melakukan pemeriksaan hewan qurban, di Jalan Pramuka, Harjamukti, Kota Cirebon, Kamis (1/8).

Berdasarkan hasil pemeriksaan di hari pertama, terang Iin, pihaknya bersama lima orang dokter hewan menemukan sejumlah hewan yang tidak memenuhi persyaratan untuk dijadikan hewan qurban. Baik dari segi usia maupun kesehatan.

"Di lokasi ini saja, ada 10 persen hewan yang tidak cukup umur dan sakit," ungkap.

Kabid DPPKP kota Cirebon mengingatkan,  agar masyarakat memperhatikan dan memeriksa terlebih dahulu keadaan hewan qurban, sebelum dibeli.

"Yang tidak cukup umur kita kasih tanda Pilok warna biru, yang sudah lolos pemeriksaan sehat dan layak, kita kasih tanda kalung," jelasnya Iin.

Ditempat yang sama, salah satu dokter hewan yang melakukan pemeriksaan, Nedya Febiani menjelaskan, hewan qurban dapat dikatakan sehat apabila tidak ada cacat dari segi fisik, hidung berair, dan tidak ada tanda luka di selaput mata.

Hidung binatang kalo kita pegang hidungnya berair lembab, berarti suhu tubuhnya bagus. Tapi kalo hidungnya kering, berarti suhu temperaturnya tinggi dan kemungkinan demam”, terang Nedya. [gor]


Komentar Pembaca
Pencuri di Semarang Hanya Butuh 10 Detik Gasak Motor
PKS Konsisten Oposisi

PKS Konsisten Oposisi

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 14:43:03

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad