LAZNAS Persis Sabet WTP 8 Tahun Berturut-Turut

Ekbis  SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 07:02:00 WIB | LAPORAN: RIZAL FADILLAH

LAZNAS Persis Sabet WTP 8 Tahun Berturut-Turut

Predikat WTP LAZNAS Persis/RMOLJabar

RMOLJabar. Sesuai dengan Undang-undang No 23 tahun 2011 tentang pengelolaan perzakatan menyebutkan bahwa salah satu syarat menjadi Lembaga Amil Zakat harus bersedia diaudit keuangan dan syariah secara berkala tiap tahun.

Direktur Utama Pusat Zakat Umat (LAZNAS Persatuan Islam), Ahmad Hasan Ridwan menilai, hal itu menjadikan sebuah kewajiban untuk menjadi lembaga yang transparan untuk memperoleh kepercayaan lebih dari umat.

Selain itu, kata Ahmad, dengan melakukan audit syariah, keuangan, dan akreditasi dapat meningkatkan kepercayaan muzaki, munfiq, dan mutashodiq untuk menyalurkan dana zakat, infak, dan sedekahnya melalui Pusat Zakat Umat (LAZNAS Persatuan Islam).

"AIhamduIillah, Pusat Zakat Umat (LAZNAS Persatuan Islam) pada tahun 2018 berdasarkan keputusan Dinektur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 90 Tahun 2019 tentang penetapan hasil pendampingan audit syariah dan akreditasi lembaga pengelola zakat tahap 1 mendapatkan Akreditasi dan Audit Syariah A dengan nilai Akreditasi 98,87 dan kepatuhan syariah 97,16," ucap Ahmad, di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 2, Kota Bandung, Senin (5/8).

Sementara untuk laporan keuangan, kata Ahmad, merupakan data yang menunjukkan perpaduan antara fakta yang tercatat dan kebiasan prinsip akuntasi yang digunakan oleh suatu lembaga.

"Pusat Zakat Umat (LAZNAS Persatuan Islam) telah menyajikan laporan keuangan berdasarkan data dan bukti setiap transaksinya dan disusun sesuai berdasarkan PSAK 109 tentang Akuntansi Zakat dan Infak/sedekah," katanya.

Dikatakan Ahmad, pada audit laporan keuangan per 31 Desember 2018, Pusat Zakat Umat (LAZNAS Persatuan Islam) telah diaudit oleh akuntan publik dengan opini Waiar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Opini wajar atau tidak wajar tersebut yang disampaikan oleh akuntan publik akan diberikan apabila laporan keuangan suatu lembaga telah disusun sesuai dengan standar akuntasi yang lazim dan telah diterapkan secara konsisten dari tahun ke tahun dan Pusat Zakat Umat telah mendapat 8 kali laporan keuangan raih opini WTP," paparnya.

Lebih lanjut, Ahmad mengatakan, selama 2018, Pusat Zakat Umat (LAZNAS Persatuan Islam) telah menyalurkan ZIS dari para donatur dengan jumlah 115.068 penerima manfaat yang tersebar di seluruh Indonesia serta lima negara. Penerima manfaat tersebut, mendapatkan layanan dari lima program keumatan, yaitu umat peduli, umat pintar, umat mandiri, umat sehat, dan umat shaleh.

"Hal ini dapat dicapai atas sinergi dan kolaborasi 53.763 donatur pada tahun tersebut," ujarnya.

Adapun dalam menghadapi Ibadah Qurban, Pusat Zakat Umat (LAZNAS Persatuan Islam) memiliki program, yaitu Qurban Super Barokah (QSB). Dengan tagline 'Gemar Berkurban, Berbagi Kebahagiaan Tanpa Batas' yang akan didistribusikan ke daerah pelosok Indonesia dan kaum muslim yang ada di 4 negara, yaitu Palestina, Suriah, Yaman, dan juga Sudan.

"Tujuannya adalah menghadirkan kebahagiaan bagi 300.000 penerima manfaat dengan target sebanyak 10.000 qurbani," ungkap Ahmad.

Atas segala pencapaian tersebut, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah mempercayakan ZIS-nya melalui Pusat Zakat Umat (LAZNAS Persatuan Islam).

"Untuk itu, kami senantiasa berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan dan kemudahan kepada para donatur dengan memperbanyak kanal, dimulai dari pembuatan aplikasi 'Kita Saudara', donasi online via website, donasi via online lainnya," pungkasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Hadiri Peringatan HANI 2019

Hadiri Peringatan HANI 2019

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 04:46:00

Jokowi Dan Trump Berbincang

Jokowi Dan Trump Berbincang

SABTU, 29 JUNI 2019 , 14:47:00

Jaga Kebersihan Pantai

Jaga Kebersihan Pantai

SABTU, 22 JUNI 2019 , 16:42:00