Daun Jati Sebagai Pembungkus

Politik  JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 18:37:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Daun Jati Sebagai Pembungkus

Dedi Mulyadi/RMOLJabar

RMOLJabar. Masyarakat kita terkadang selalu memilih dan bangga menggunakan barang yang asing untuk dirinya. Bahkan cenderung mengabaikan potensi yang ada pada diri dan lingkungan sekitar.

Hal-hal kecil seperti pembungkus makanan, kita lebih memilih bahan-bahan yang berasal dari kebudayaan luar. Padahal pembungkus makanan yang berasal dari alam, jumlahnya sangat melimpah.

"Kita cenderung menganggap peninggalan masa lalu itu jadul, padahal nilai-nilai yang terkandung didalamnya penuh dengan kearifan. Komitmen kepada lingkungan hidup terkadang luntur begitu saja," ujar Ketua DPD Partai Golkar Jabar, Dedi Mulyadi, Jumat (9/8) di Purwakarta.

Namu demikian, Kang Dedi tertarik melihat gerakan lingkungan yang dilakukan Budi Cilok. Keterlibatan musisi tersebut diharapkan dapat mengampanyekan penggunaan daun jati sebagai pengganti kantong plastik.

"Setelah saya posting penggunaan daun jati, Budi Cilok menghubungi saya. Katanya dia mau bagikan daun jati. Ya sudah, dia ikut mengampanyekan," kata Dedi. Ia meyakinkan jumlah daun jati di Purwakarta melimpah seperti di Kecamatan Wanayasa dan Kiara Pedes.

Ribuan daun jati dari Kabupaten Purwakarta akan dibagikan kepada warga Kabupaten Bandung menjelang kurban. Hal itu untuk menunjukkan ketersediaan daun jati yang melimpah di Purwakarta.

Salah seorang yang membagikan daun jati tersebut adalah musisi asli Kabupaten Bandung, Budi Cilok.

"Saya menjadi korban banjir di Dayeuhkolot Bandung Selatan. Makanya saya ikut fokus mengurangi sampah plastik," katanya.

Menurutnya, daun jati menjadi salah satu solusi untuk mengganti pembungkus dari bahan plastik. Daun jati merupakan material yang ramah lingkungan karena berbahan alami. Sedangkan plastik terbukti merusak lingkungan karena sulit terurai hingga ratusan tahun lamanya.

"Daun jati ini memang budaya leluhur kita yang harus dijaga dan ini gak jadi sampah," kata Budi. Karena itu, ia mengajak masyarakat khususnya di wilayah tempat asalnya untuk mengganti pembungkus berbahan plastik dengan daun jati.

Budi melihat perayaan kurban sebagai momentum yang baik dan tepat untuk memperkenalkan pembungkus alternatif yang ramah lingkungan tersebut.

"Saya akan bagikan daun jati ini kepada warga di Kabupaten Bandung," katanya.

Daun jati yang akan dibagikan tidak ditentukan jumlahnya. Namun, Budi memperkirakan jumlahnya sangat banyak sesuai dengan permintaan masyarakat di tempatnya nanti.

Budi berencana membagikan daun tersebut pada malam takbiran sehari sebelum Idul Adha 1440 Hijriah. Selama ini, ia memang dikenal sebagai musisi yang banyak mengangkat isu lingkungan dalam lagu-lagu ciptaannya seperti "Yo Janji Yo" (2019) dan "Simpan Sampah" (2017).

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Purwakarta mengeluarkan surat edaran untuk tidak menggunakan kantong plastik dalam berkurban. Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika juga menggelar perlombaan kreativitas wadah alternatif yang ramah lingkungan.

"Perlombaan ini untuk menambah motivasi masyarakat untuk menjaga lingkungan," kata Anne. Saat ini, pemerintah daerahnya mulai membuka pendaftaran dari panitia kurban se-Kabupaten Purwakarta.

Anne memperhitungkan jumlah panitia kurban yang tersebar di daerahnya mencapai 700 kelompok. Panitia kurban yang telah mendaftarkan diri nantinya akan dinilai oleh tim khusus ke lokasi pemotongan kurban masing-masing. [gan]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Hadiri Peringatan HANI 2019

Hadiri Peringatan HANI 2019

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 04:46:00

Jokowi Dan Trump Berbincang

Jokowi Dan Trump Berbincang

SABTU, 29 JUNI 2019 , 14:47:00

Anak Pengungsi Dan Debu Jalanan

Anak Pengungsi Dan Debu Jalanan

KAMIS, 11 JULI 2019 , 04:26:00