Global Qurban ACT Distribusikan 1.200 Sapi Di Somalia

ACT  KAMIS, 15 AGUSTUS 2019 , 13:40:00 WIB | LAPORAN: DINNI KAMILANI

Global Qurban ACT Distribusikan 1.200 Sapi Di Somalia

Pendistribusian daging kurban/Ist

RMOLJabar. Tim Global Qurban Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyembelih sekitar 1.200 sapi yang didistribusikan di Mogadishu, juga di beberapa kota lain di Somalia.

Seperti diketahui, Somalia masih dibelit dengan sejumlah masalah kemanusiaan. Ratusan ribu pengungsi internal tinggal di tenda-tenda yang hanya dibangun dari ranting pohon dan kain.

"Sepanjang perjalanan di Mogadishu, yang terlihat hanya deretan kamp-kamp internal. Pendistribusian daging kurban dilakukan di sejumlah kamp-kamp tersebut,” demikian dilaporkan Andi Noor Faradiba dari Tim Global Qurban untuk Somalia dalam keterangan yang diterima Kantor Berita RMOLJabar, Kamis (15/8).

Ia menuturkan, sampai hari tasyrik terakhir di Somalia, Rabu (14/8), pendistribusian daging kurban menjangkau tiga distrik yang berbeda. Ketiga distrik itu meliputi Distrik Mogadishu di Provinsi Banadir, Distrik Washeikh di Provinsi Middle Shabelle, dan Distrik Baidoa di Provinsi Bay.

Krisis kemanusiaan yang terjadi di distrik-distrik tersebut, memiliki kesamaan, seperti, kekeringan sepanjang tahun, kelaparan akut, dan kemiskinan yang dirasakan oleh jutaan pengungsi internal. Faradiba mengatakan, setiap potongan besar daging kurban dari Global Qurban, dikirimkan untuk para pengungsi internal ini.

"Kami mendatangi kamp-kamp pengungsi yang paling membutuhkan, memberikan daging kurban agar bisa segera mereka jemur di tengah panasnya matahari Somalia. Daging kurban ini yang nantinya bakal menjadi pelengkap gizi tiap keluarga pengungsi, hingga beberapa pekan ke depan,” ujar Faradiba.

Ucapan "mahadsanid Indonesia" atau "terima kasih Indonesia" pun diutarakan oleh para penerima Qurban. Mereka menitip rasa terima kasihnya untuk setiap daging kurban dari dermawan Indonesia.

Ungkapan terima kasih tersebut juga diucapkan seorang ibu bernama Farihah dengan jilbab merah muda panjangnya. Di Kamp Al Adala, daerah Wedoouw, Farihah menitipkan pesannya Mahadsanid Indonesia, Barakallah,” ujarnya kepada Faradiba. [gan]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad
Latma CT CPX TNI-SAF Berakhir

Latma CT CPX TNI-SAF Berakhir

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 11:18:00