100 Paskibraka Kota Bandung Resmi Dikukuhkan

Pemerintahan  KAMIS, 15 AGUSTUS 2019 , 14:02:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

100 Paskibraka Kota Bandung Resmi Dikukuhkan

Pengukuhan paskibraka/RMOLJabar

RMOLJabar. Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Yana Mulyana melantik 100 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Bandung di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Rabu (14/8) malam. Mereka terdiri dari 56 putra dan 44 putri yang berasal dari 61 SMA dan SMK di Kota Bandung.

Yana mengungkapkan, menjadi anggota Paskibraka bukanlah hal yang mudah. Mereka harus memahami makna mempertahankan harkat dan martabat bangsa.

"Mengibarkan bendera berarti menghidupkan perjuangan para pahlawan bangsa dalam merebut kemerdekaan dari penjajah. Maka berbanggalah kalian menjadi pengibar bendera, sebab tidak sembarang orang menjadi Paskibraka," ucap Yana di sela-sela acara pengukuhan.

"Menjadi seorang Paskibraka sama dengan mengajarkan arti nasionalisme dan patriotisme kepada masyarakat,” imbuhnya.

Menurut Yana, bisa lolos seleksi dari lebih 800 orang, anggota Paskibra tentu merupakan orang pilihan. Ini sebuah kehormatan menjadi oang pilihan.

"Ini suatu kehormatan, zaman sekarang banyak digempur budaya barat yang tidak sesuai dengan norma dan adat. Di saat pemuda lain terlena dengan gadget dan gim yang membuat ketagihan, namun kalian berlomba untuk menjadi Paskibraka," ujarnya.

"Suatu saat nanti akan menjadi bangga dalam meraih cita-cita dan cerita menjadi bagian dari Paskibraka," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung, Edi Marwoto menyampaikan, seleksi menjadi anggota Paskibraka sangat ketat. Mulai dari tahap tes pengetahuan umum, fisik, wawancara, hingga tes tes kesenian.

"Ini berkat kerja sama dengan Disdik (Dinas Pendidikan). Mereka kirimkan siswa siswinya untuk ikuti seleksi Paskibraka. Alhamdulillah 100 orang terpilih dan malam ini dikukuhkan langsung oleh pak wali," ujarnya.

Edi mengatakan, pembinaan Paskibra menjadi bagian untuk memberikan influence (pengaruh) positif bagi pemuda lain di lingkungan.

"Mencetak kader yang berkualitas dan menjadi contoh yang bisa berkiprah maupun berkontribusi. Intinya menularkan hal positif kepada pemuda dan memberikan motivasi," pungkas Edi. [gan]

Komentar Pembaca
Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA