Delapan Persen Penduduk Kabupaten Cirebon Alami Stunting

Kesehatan  JUM'AT, 16 AGUSTUS 2019 , 08:38:00 WIB | LAPORAN: YON MARYONO

Delapan Persen Penduduk Kabupaten Cirebon Alami Stunting

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Eni Suhaeni/RMOLJabar

RMOLJabar. Kaya dengan sumber daya alam Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat, ternyata masih tercatat delapan persen masyarakatnya teridentifikasi mengalami stunting.

Eni Suhaeni yang menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, menuturkan banyak faktor penyebab terjadinya stunting, faktor utama karena ketidakmampuan secara ekonomi, sehingga makanannya kekurangan gizi, ditambah dengan pola hidup tidak sehat dari kaum remaja.

"Perlu diketahui, stunting itu tidak ujug-ujug, banyak faktor yang menimbulkan stunting pada masyarakat kurang mampu, pola hidup pada remaja yang diet menjadi salah satu faktor yang dapat menghambat pertumbuhan karena kekurangan asupan gizi," Kata Eni Suhaeni pada Kantor Berita RMOLJabar saat ditemui di lantai 2 Gedung Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Kamis (15/8).

Eni Suhaeni menambahkan, Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon telah berhasil menurunkan angka presentase stunting pada masyarakatnya, tercatat pada saat ini angkanya turun menjadi 8,68 persen,  dibandingkan pada tahun 2017 dan 2018 lalu presentase angka stunting masih diatas 13 sampai dengan 10 persen.

"Angka stunting sudah turun jauh dari batas tertinggi 20 persen di Jawa Barat, setelah banyak program dapat berjalan dengan baik, hasil kerja bareng dengan Dinas lainnya," ujar Eni Suhaeni.

Eni Suhaeni mengakui problem stunting, bukan menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan saja, namun tanggung jawab dari Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon, karena banyak Dinas terkait juga memiliki tanggung jawab untuk menjadikan Kabupaten Cirebon bebas stunting (red nol persen).

"Menghilangkan stunting merupakan tugas bersama, karena banyak Dinas yang terlibat, contohnya Dinas PUPR sebagai Dinas yang bertanggung jawab dalam hal sarana dan pasarana seperti air bersih," imbuh Eni Suhaeni. [yud]



Komentar Pembaca
Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00