Kao Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan Lewat Pesan Lukisan Anak Indonesia

Ragam  SENIN, 19 AGUSTUS 2019 , 16:51:00 WIB | LAPORAN: YUDHA SATRIA

Kao Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan Lewat Pesan Lukisan Anak Indonesia

Pameran Lukisan Anak Kao Indonesia/RMOLJabar

RMOLJabar. Dalam rangka mendorong generasi penerus untuk semakin peduli terhadap lingkungan, Kao Indonesia menggelar Pameran Lukisan Anak Indonesia dengan tema Let’s Eco Together.

Bekerjasama dengan Ayo Ramah Lingkungan dan Saung Angklung Udjo, Bandung. Pameran lukisan yang berlangsung dari tanggal 19 sampai 25 Agustus 2019 ini menghadirkan berbagai program seperti talkshow, EcoBrick Workshop dan pameran lukisan puluhan karya lukis terbaik anak Indonesia.

Senior Manager Corporate Communications Kao Indonesia Johny Lay mengatakan, antusiasme anak Indonesia untuk lomba melukis yang dilakukan oleh Kao sejak tahun 2010 setiap tahunnya sangat besar.

Melalui kegiatan ini, pihaknya ingin mengajak tidak hanya generasi muda sebagai penerus tapi juga lebih banyak orang untuk mulai dan terus peduli dengan lingkungan lewat pesan yang ada pada lukisan dari anak-anak Indonesia.

Kao Indonesia sudah menggelar lomba lukisan lingkungan Internasional sejak tahun 2010. Ini dilakukan sebagai salah satu wujud komitmen dan kontribusi Kao Indonesia untuk lingkungan yang lebih baik, dengan mengajak anak-anak usia 6-15 tahun dari seluruh dunia untuk membuat lukisan yang menggambarkan langkah kecil yang dapat dilakukan setiap hari, menuliskan mimpi serta harapan untuk kebaikan lingkungan dan bumi," kata Johny.

Tahun 2018 lalu, Indonesia mengirimkan 4.379 lukisan (35%) dari total 12.563 yang diterima Kao Global (Jepang) dari seluruh dunia. Dan dua anak Indonesia Farhan (Sidoarjo) dan Sherly (Bekasi) berhasil menjadi pemenang dalam kategori Kao Prize” dan menerima penghargaan langsung di Tokyo, Jepang.

Dikesempatan yang sama, Yanty Hardi Saputra selaku guru seni lukis dan pendiri sanggar seni Ananda Visual Art School mengatakan, seni lukis adalah Bahasa universal. Di tengah isu global tentang lingkungan yang terjadi saat ini, perilaku ramah lingkungan harus sudah mulai diinternalisasikan untuk generasi penerus yaitu mulai dari anak-anak.

"Peran kami sebagai tenaga pengajar di bidang seni, tidak hanya mengajarkan terkait dengan teknis menggambar dan mengasah kemampuan anak saja tapi juga menginternalisasikan nilai-nilai ramah lingkungan melalui pengajaran yang kami berikan," jelasnya.

Di tengah masalah global seperti pemanasan global, sampah dan masalah lingkungan lainnya, keinginan konsumen juga berubah dan mulai menginginkan hidup yang lebih sustainable, oleh karena itu, Kao membentuk divisi ESG (Environment, Social, Governance) untuk membuat strategi dalam memenuhi keinginan konsumen.

Dari segi produk, komitmen Kao terhadap lingkungan dibuktikan dengan inovasi-inovasi pada layanan, produk dan kemasan yang telah dilakukan. Salah satu komitmen Kao Global terhadap lingkungan adalah dengan diluncurkannya produk detergent berbahan Bio IOS yang terbuat dari limbah kelapa sawit yang tidak terpakai lagi.

Selanjutnya, Gun Gun Saptari Hidayat, selaku Pjs Dirut PD Kebersihan Kota Bandung mengatakan, pihaknya menyambut baik inisiatif yang dilakukan oleh Kao Indonesia untuk berkontribusi terhadap lingkungan melalui pendekatan yang berbeda.

"Kami dari institusi pemerintah Kota Bandung juga memiliki gerakan Kangpisman (Kurangi, Pisahkan, Manfaatkan) yang ditujukan untuk seluruh masyarakat Kota Bandung terkait dengan pengelolaan sampah. Isu sampah dan lingkungan adalah masalah bersama dan butuh berbagai pihak dan secara bersama-sama dan berkelanjutan melakukan kegiatan promosi untuk kepentingan bersama," pungkasnya. [yud]


Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 14:31:46

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad