Cawabup Cirebon Harus Loyalis PDIP

Politik  RABU, 21 AGUSTUS 2019 , 13:33:00 WIB | LAPORAN: YON MARYONO

Cawabup Cirebon Harus Loyalis PDIP

Suherman (baju putih)/Ist

RMOLJabar. DPC PDIP Kabupaten Cirebon memberikan klarifikasi isu hangat tentang 10 nama Calon Wakil Bupati yang yang sudah di kantongi Plt. Bupati Cirebon. Di mana Imron Rosadi menjabat Ketua DPC PDIP Kabupaten Cirebon hasil Konfercab 2019.

Suherman yang menjabat Ketua Bapilu DPC PDIP hasil Konfercab lalu, menuturkan untuk penetapan Calon Wakil Bupati Cirebon, bukan menjadi monopoli atau kewenangan dari Plt Bupati Cirebon. Pasalnya, dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai ada mekanisme yang harus di lalui.

"Perlu diketahui, untuk Calon Wakil Bupati, ditentukan oleh rapat pengurus DPC PDIP Kabupaten Cirebon, bukan monopoli dari Plt. Bupati Cirebon," Kata Politisi senior partai berlambang banteng moncong putih itu kepada Kantor Berita RMOLJabar, Rabu (21/8).

Lebih lanjut, kata Suherman, harus ada rapat Pleno dari Struktural DPC PDIP Kabupaten Cirebon. Walaupun masing-masing anggota DPC mempunyai calon yang diajukan, namun hasil musyawarah atau voting melalui rapat pleno.

"Ada 19 anggota pengurus DPC, akan ada rapat pleno untuk menentukan nama-nama Calon Wakil Bupati melalui musyawarah ataupun voting," jelas Suherman yang saat ini menjabat Ketua Fraksi Partai PDIP Kabupaten Cirebon.

Menurutnya, Calon Wakil Bupati Cirebon haruslah orang yang telah berjuang untuk partai. Selain berasal dari struktural, calon harus memahami ideologi partai dan paham kewajiban pada Partai, bukan tiba-tiba mau nyemplak partai.

"Harus menghormati internal pengurus dulu, yang tertuang dalam AD ART, harus struktural sudah berjuang untuk partai, memahami kewajiban terhadap partai," demikian Suherman. [gan]

Komentar Pembaca