Oknum Polisi Pengirim Miras Dibebastugaskan Sementara

Hukum  JUM'AT, 23 AGUSTUS 2019 , 14:05:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Oknum Polisi Pengirim Miras Dibebastugaskan Sementara

Kapolrestabes Bandung Irfan Sugema dan Kabid Humas Polda Jabar Trunoyudo/RMOLJabar

RMOLJabar. Kapolrestabes Kombes Pol Irman Sugema membebastugaskan sementara oknum polisi yang diduga memberikan dua dus miras ke asrama mahasiswa papua di Cilaki, Kota Bandung.

Hal tersebut dilakukan Irman, dikarenakan oknum polisi tersebut sedang menjalani pemeriksaan di Propam Polda Jabar.

"Petunjuk dari bapak Kapolda maka untuk kemudahan dalam proses pemeriksaan yang bersangkutan untuk mengikuti pemeriksaan di Propam maka kami sementara akan bebas tugaskan," ujar Irman di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-hatta, Jumat (23/8).

Selain itu, Irman juga membenarkan bahwasannya oknum polisi tersebut adalah anggotanya. Oknum polisi tersebut diketahui adalah Kapolsek Sukajadi, Kompol Sarce Christiaty Leo Dima.

"Bahwa bu sarceu adalah anggota kami, tugasnya di Polsek Sukajadi. Sekarang yang bersangkutan sebagai terperiksa terkait dugaan pemberian minuman keras ke asrama papua," ujar Irman.

Lebih lanjut, Irman mengatakan, pihaknya saat ini sedang menunggu hasil pemeriksaan dari Propam Polda Jabar. Irman juga menegaskan, jika terbukti Kompol Sarce bersalah pihaknya pun akan memberikan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Kami akan menindaklanjuti, apabila hasil pemeriksaan terbukti, maka kami akan berikan sanksi yang tegas kepada yang bersangkutan. Sampai saat ini kami masih menunggu dulu hasil pemeriksaannya," tegas Irman.

Ditemui ditempat yang sama, Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengungkapkan, Kompol Sarceu adalah orang timur. Oleh karena itu, Ia menduga, apa yang dilakukan Sarceu merupakan sebuah aksi solidaritas antar oranh timur semata.

"Bahwasanya kompol sarce adalah orang yang memang ada kesamaan perantauan dari timur. Hubungan emosional sudah dibangun sejak saudari sarce dinas di Jabar. Ini adalah sifatnya hubungan pribadi hubungan yang bersangkutan, saudari sarce kepada warga papua," tutur Truno.

Selanjutnya, Truno juga meminta semua pihak untuk bersabar dan menahan diri. Pasalnya, hingga saat ini pemeriksaan terhadap Kompol Sarceu masih dilakukan oleh Propam Polda Jabar.

Senada dengan Irman, Truno juga menambahkan, jika terbukti Kompol Sarceu bersalah pihaknya pun tidak akan ragu dalam memberikan sanksi. Namun, sanksi tetap sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Maka kita harapkan nunggu hasil dari pemeriksaan ini, saya sampaikan Polda Jabar tidak akan segan-segan melakukan tindakan yang secara tegas, sesuai dengan kesalahannya melalui proses pemeriksaan yang ada di internal Propam Polda Jabar," pungkasnya.

Perlu diketahui sebelumnya, dua dus miras dikirim ke asrama mahasiswa papua di Cilaki Bandung, saat puluhan mahasiswa asal papua sedang melakukan aksi di depan Gedung Sate.

Diketahui, pengirim miras tersebut yaitu Kompol Sarceu yang merupakan Kapolsek Sukajadi, Kota Bandung.

Namun, mahasiswa papua penerima kiriman miras, Miles, merasa hal tersebut merupakan penghinaan bagi mahasiswa papua dan membawa dua dus miras tersebut ke lokasi aksi. [yud]


Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA