Bantuan Kemensos Hanya Diberikan Pada Lembaga Kesejahteraan Sosial Terakreditasi

Sosial  SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 09:05:00 WIB | LAPORAN: SYAH RONI

Bantuan Kemensos Hanya Diberikan Pada Lembaga Kesejahteraan Sosial Terakreditasi

Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pekerja Sosial dan Penyuluh Sosial (Kapusbangprof) Kemensos RI, Tati Nugrahati/RMOLJabar

RMOLJabar. Guna tingkatkan mutu dan kualitas pelayanan sosial di kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon, Kementerian Sosial RI gelar Focus Group Discussion (FGD) untuk evaluasi akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS).

Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pekerja Sosial dan Penyuluh Sosial (Kapusbangprof) Kemensos RI, Tati Nugrahati menjelaskan Lembaga Kesejahteraan Sosial merupakan suatu lembaga yang menyelenggarakan pelayanan sosial bagi masyarakat yang memerlukan bantuan sosial, di antaranya masyarakat lanjut usia, anak-anak, disabilitas, ODGJ dll.

Dikatakan Tati, lembaga kesejahteraan sosial yang ada di kota Cirebon dan kabupaten jumlahnya cukup banyak, yakni ada sekitar 70 LKS. namun yang terakreditasi hanya 14 lembaga.

Bahwa kedepannya, bantuan sosial hanya akan diberikan kepada LKS yang sudah terakreditasi”, kata Tati usai hadiri FGD Evaluasi Akreditasi LKS di salah satu Hotel di Jalan Cipto Mangunkusumo, kota Cirebon, Jumat (23/8).

Tati menjelaskan, tujuan dari akreditasi tersebut tidak lain adalah untuk memberi pembinaan, meningkatkan pelayanan dan memberi jaminan mutu kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan sosial.

Lanjut Tati, adapun kriteria yang menjadi bahan penilaian dalam proses akreditasi tersebut di antaranya manajemen, administrasi, sarana-prasarana, SDM, peningkatan jaringan kerja dan tindak lanjut.

Pemerintah khususnya kementerian sosial tidak memungut biaya dalam proses akreditasi tersebut. Kami berikan secara gratis”, pungkasnya.

Sementara Siti Fatimah selaku Pekerja Sosial Bidang Perlindungan Anak Dinas Sosial Kota Cirebon mengatakan pihaknya menyambut baik adanya akreditasi yang dilakukan oleh Kemensos.

Dikatakan Siti, akreditasi tersebut merupakan bagian dari kewajiban setiap Lembaga Kesejahteraan Sosial dalam melayani kliennya. Hal tersebut sesuai dengan Permensos no. 2 tahun 2012, agar pelayanan yang diberikan kepada anak dan lansia sesuai dengan standar nasional.

Untuk Pemda kota Cirebon melalui dinas sosial sudah cukup maksimal dalam melakukan pendampingan. Terlihat LKS yang akan mengikuti akreditasi ini sudah cukup maksimal dalam persiapan”, ungkapnya.[son]

Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Celoteh Jokowi Tidak Ada Kebakaran Hutan Faktanya Nol Besar